13 Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh, Bagus di Rambut Hingga Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak salah bila lidah buaya atau aloe vera memiliki julukan sebagai tanaman ajaib kaya manfaat. Terbukti gel yang terdapat di dalamnya memiliki manfaat seperti mengatasi masalah rambut, sebagai obat alami, bahan kecantikan, sebagai anti inflamasi dan juga untuk tubuh jika rutin dikonsumsi. Sebagai tanaman ajaib, tentu saja manfaat lidah buaya tidak hanya ada lima macam, tetapi masih banyak lainnya. 

Berikut 13 manfaat lidah buaya yang bermanfaat untuk tubuh, rambut hingga kulit khusus untuk Sahabat Cantika.

1. Menebalkan Rambut

Lidah buaya memiliki manfaat untuk menebalkan rambut bagi kamu yang memiliki rambut tipis. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan gelnya ke rambut secara merata. Diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas rambut dengan air bersih. 

Kamu juga bisa mencampurkan gelnya dengan minyak zaitun. Karena minyak zaitun juga memiliki kandungan yang bagus untuk rambut. Dianjurkan menggunakannya dua kali dalam seminggu agar hasilnya dapat terlihat.

Ilustrasi jus lidah buaya. shutterstock

2. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Tanaman yang memiliki kandungan mineral dan kaya akan vitamin ini dapat mengatasi rambut rontok sehingga  rambut jadi lebih kuat.

3. Mencegah Penuaan Wajah

Manfaat lidah buaya mampu untuk mencegah penuaan di wajah. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dilansir dari medical news today bahwa, Dalam sebuah studi tahun 2009, dari 30 wanita di atas usia 45 tahun, mengkonsumsi gel di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90 hari.

4. Mengurangi Penumpukan Plak Gigi

Plak gigi merupakan lapisan pada gigi yang berwarna kuning dan mengandung bakteri. Khasiat lidah buaya ternyata mampu mengurangi penumpukan plak gigi. Caranya dengan menjadikannya sebagai obat kumur alami. 

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dikutip dari artikel medical news today. Mengatakan bahwa, dalam studi kumur dari 300 orang sehat, peneliti membandingkan 100 persen jus aloe vera murni dengan bahan obat kumur standar chlorhexidine. Setelah 4 hari penggunaan, obat kumur tanaman ini ternyata sama efektifnya dengan klorheksidin dalam mengurangi plak gigi. 

5. Menyembuhkan Sariawan

Siapa sangka bahwa kegunaan lidah buaya juga mampu untuk menyembuhkan sariawan di mulut. Hal ini dilansir dari mens health, kamu bisa mengoleskan gel nya pada bagian mulut yang terkena sariawan. Selain menyembuhkan, juga mampu untuk mengurangi rasa sakit pada sariawan.

6. Menyembuhkan Luka Akibat Pisau Cukur

Biasanya pria suka bercukur untuk menghilangkan rambut halus di wajah. Tak jarang pisau cukur tajam dapat melukai wajahnya. Disinilah terdapat manfaat lidah buaya untuk pria karena mampu untuk menyembuhkan luka akibat pisau cukur dengan cepat. Caranya dengan mengoleskan bagian gel pada wajah yang terluka. Dijamin mampu mengurangi kemerahan pada kulit, menghilangkan rasa sakit, dan membantu menyembuhkan benjolan akibat pisau cukur.

7. Memperlancar Buang Air Besar

Tahukah kamu ternyata manfaat daun lidah buaya juga ampuh untuk mengobati sakit perut. Salah satunya mampu melancarkan buang air besar akibat sembelit. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai jus yang menyegarkan agar bisa buang air besar dengan lancar.

8. Menyembuhkan GERD

Selain untuk mengobati sembelit, khasiat lidah buaya juga ampuh untuk mengobati penyakit GERD atau asam lambung berlebih. Hal ini dilansir dari health line, yang mengatakan pada studi tahun 2015 menemukan bahwa jus dengan bahan dasar ini efektif untuk mengurangi gejala gerd. Para peneliti menyimpulkan bahwa aloe vera dapat bekerja dengan mengurangi produksi asam dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi.

Baca: Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bantu Redakan Masalah Kulit

9. Mengatasi Diabetes

Manfaat aloe vera sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Salah satunya, mampu untuk membuat kadar gula dalam tubuh tetap stabil. Hal ini sangat penting untuk penderita diabetes agar kondisi tubuhnya tidak mudah drop karena gula darah yang terlalu tinggi. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy yang dilansir dari website health line.

10. Melindungi dari Kanker Payudara

Menurut studi, manfaat lidah buaya untuk wanita mampu untuk membantu melawan penyakit kanker payudara. Hal ini dilansir dari health line, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melihat sifat terapeutik dari aloe emodin, senyawa dalam daun tanaman ini. Mereka menyarankan bahwa sukulen menunjukkan potensi dalam memperlambat pertumbuhan kanker payudara.

11. Mengurangi Rambut Berminyak

Jika kamu memiliki masalah rambut yang mudah lepek berminyak maka aloe vera mampu untuk mengatasi masalah itu. Karena salah satu manfaat dari daunnya adalah mampu mengurangi rambut berminyak.  Caranya campurkan 1 sendok gel lalu campur dengan 3 sendok air lemon dan sedikit shampo untuk bahan keramas. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

12. Mengatasi Kulit Kaki Pecah-pecah

Khasiat lainnya dari lidah buaya ternyata bisa sebagai bahan untuk merendam kaki loh. Merendam kaki baik untuk mengurangi masalah seperti kulit pecah-pecah dan bau kaki yang tidak sedap. 

Caranya dengan menyiapkan air hangat untuk merendam kaki dan mencampurkan bahan-bahan seperti gel Aloe vera ,lemon, tea tree oil, dan juga cuka apel. Rendam kaki selama 10-15 menit agar sel-sel kulit mati di kaki bisa terlepas dan kaki menjadi lembut kembali.

13. Mengurangi Iritasi Pada Kulit

Lidah buaya memiliki manfaat untuk mengurangi iritasi kulit. Karena  memiliki kandungan seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Tidak hanya untuk iritasi, masih terdapat banyak manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya. Inilah yang menjadi alasan kandungan Aloe vera banyak digunakan sejumlah perawatan kulit dalam produk skincare. 

Baca: 6 Manfaat Gel Lidah Buaya untuk Kulit Wajah, Termasuk Antipenuaan

LINTANG OLIVIA | THE HEALTH SITE | WEBMD | PHARMEASY | MEDICAL NEWS TODAY | MENSHEALTH | HEALTHLINE 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."