Ingin Mencoba Resep Lidah Buaya untuk Kecantikan? Ketahui Dulu Cara Memanennya

Ilustrasi jus lidah buaya. shutterstock

ragam

Ingin Mencoba Resep Lidah Buaya untuk Kecantikan? Ketahui Dulu Cara Memanennya

Kamis, 22 April 2021 23:12 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Lidah buaya punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk merasakan segala manfaat itu, kini telah banyak cara instan. Apalagi sudah banyak produk skincare atau perawatan kulit yang memiliki kandungan lidah buaya. Tapi Anda akan menghemat banyak uang jika memiliki tanaman lidah buaya di rumah dan membuat ramuan kecantikan sendiri.

Anda bisa membeli tanaman lidah buaya di toko tanaman terdekat. Saat membawanya ke rumah, tempatkanlah tanaman hijau itu di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup. Sirami tanaman dengan banyak sekali setiap dua minggu, tunggu sampai tanah mengering sepenuhnya. Setelah tanaman tumbuh dewasa, Anda bisa memanennya setiap Anda membutuhkan.

Anda perlu menunggu beberapa minggu sebelum memotong daun dari tanaman yang sama. Anda juga mungkin ingin memiliki beberapa tanaman secara bergilir jika berencana untuk sering memanen lidah buaya. Lantas bagaimana cara memanen lidah buaya? Berikut langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara memanen lidah buaya

1. Buang 3-4 daun sekaligus, pilih daun tebal dari bagian luar tanaman.

Pastikan daunnya sehat dan bebas dari jamur atau kerusakan. Potong dekat batang. Sebagian besar nutrisi bermanfaat ditemukan di pangkal daun. Hindari akarnya.

2. Cuci dan keringkan daunnya. Potong ujung yang berduri dengan pisau.Dengan menggunakan pisau atau jari Anda, pisahkan gel bagian dalam dari bagian luar daun.

3. Biarkan getah kuning mengalir dari daun. Ini adalah getah lidah buaya. Jika Anda berencana menggunakan lateks, Anda bisa menangkapnya di dalam wadah. Jika Anda tidak berencana menggunakan lateks, Anda dapat membuangnya.

4. Potong gel lidah buaya menjadi irisan atau kubus. Jika Anda menginginkan gel lidah buaya yang lembut, setelah memisahkan lidah buaya dari bagian luar daunnya, Anda bisa memasukkan lidah buaya ke dalam blender lalu saring bahan tersebut untuk menghilangkan ampasnya.

Untuk menggunakan gel lidah buaya segar, Anda bisa mengoleskannya langsung ke kulit Anda atau mengikuti resep membuat produk kecantikan buatan sendiri. Gel lidah buaya juga bisa ditambahkan ke makanan, smoothie, dan minuman.

Jika Anda berencana mengonsumsi irisan gel lidah buaya yang segar, gel lidah buaya akan disimpan di lemari es selama beberapa hari, tetapi sebaiknya dikonsumsi secepat mungkin. Anda selalu bisa menyimpan gel lidah buaya di freezer jika Anda belum siap menggunakannya.

Nah, sekarang Anda telah tahu bagaimana cara memelihara dan memanen tanaman lidah buaya. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Resep Masker Lidah Buaya DIY, Bisa Mencerahkan Kulit dan Mengurangi Jerawat

HEALTHLINE | GOOD HOUSE KEEPING