Sederet Manfaat Minyak Jarak untuk Rambut, Bikin Rambut Lebih Berkilau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak jarak (castor oil). Shutterstock

Ilustrasi minyak jarak (castor oil). Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam industri kecantikan, salah satu manfaat minyak jarak yang populer adalah menyehatkan rambut. Menurut sejumlah dokter kulit dan ahli rambut, mengaplikasikan minyak jarak pada rambut bisa mengatasi rambut kering dan merangsang pertumbuhan rambut sehat.

"Minyak jarak dapat membantu mengkondisikan helai rambut, meningkatkan kilau, dan hidrasi," jelas Dr. Rebecca Marcus, dokter kulit bersertifikat dan pendiri MaeiMD seperti dikutip dari laman Marie Claire.

Sementara itu, dokter kulit yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat, Tiffany L. Clay menyebutkan bahwa struktur molekul minyak jarak adalah gliserol dengan asam lemak rantai panjang, apa artinya ini? Sederhananya, asam lemak sangat baik dalam menutrisi folikel rambut.

Lapisan luar batang rambut ditutupi dengan struktur seperti sisik yang disebut kutikula. Ketika rambut rusak, mereka menjadi terkelupas dan melebar, menghasilkan keriting dan kusam. Untuk mengatasi kondisi tersebut, minyak jarak dapat menutup dan membiarkan kutikula menjadi lebih rata, menurut Clay. 

"Meskipun saat ini tidak ada studi klinis konklusif yang membuktikan bahwa [minyak jarak] menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat, kita tahu bahwa minyak jarak merangsang prostaglandin E2, yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan peningkatan sirkulasi, sehingga dapat membantu merangsang folikel," kata Dr. Markus.

Sementara itu, dokter kulit dan spesialis rambut rontok yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Dhaval G. Bhanusali mengatakan minyak jarak bisa bantu pertumbuhan rambut bagi yang alami kerontokan ramabut.

Jika Anda menggunakan minyak jarak sebagai perawatan tanpa bilas, Dr. Clay merekomendasikan untuk menghangatkan sedikit minyak di antara telapak tangan Anda dan mengaplikasikannya di sepanjang ujung rambut Anda setiap minggu.

Bila Anda memakai minyak jarak sebagai kondisioner, Dr. Marcus menyarankan sebaiknya diaplikasikan sebelum mencuci rambut.

"Saya sarankan untuk mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut kering, tutup dengan shower cap, biarkan selama 20 menit, lalu keramas dan keringkan secara alami."

Namun, seperti halnya minyak rambut lainnya, penting untuk memulai sedikit demi sedikit dan memperhatikan respons rambut Anda. "Bagi mereka yang memiliki rambut kasar, keriting atau kering, mereka mungkin ingin mengoleskan minyak jarak ke ujung rambut dan membiarkannya, karena ini adalah minyak yang cukup ringan," kata Dr. Marcus. 

Namun, bagi mereka yang memiliki rambut halus atau tipis, Dr Marcus menyarankan akan lebih baik digunakan sebagai perawatan pra-keramas untuk menghindari penampilan yang berminyak. Dan, jika Anda tidak nyaman menggunakan minyak jarak murni karena takut berlebihan, ada beberapa pilihan yang tidak terlalu intens, termasuk sampo, kondisioner, masker rambut, dan serum.

MARIE CLAIRE

Baca juga: Rahasia Alis Tebal Hailey Baldwin, Pakai Minyak Jarak Setiap Malam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."