Manfaat Beta Glucan untuk Tubuh, Menyehatkan Jantung dan Kontrol Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi jantung (pixabay.com)

ilustrasi jantung (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beta glucan merupakan salah satu jenis serat larut. Beta glucan biasanya ditemukan di dinding sel jamur, bakteri, khamir, dan beberapa tanaman. Ini juga merupakan polisakarida, yang merupakan karbohidrat rantai panjang dan jenis karbohidrat paling melimpah yang ditemukan dalam makanan. Untuk mengenal lebih dalam, berikut manfaat beta glucan beserta pilihan makanan yang mengandungnya.

Manfaat Beta Glucan untuk Kesehatan Tubuh

1. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat beta glucan adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung. Mirip dengan jenis serat larut lainnya, beta glucan sebenarnya mengikat kolesterol di usus kecil, bergerak melalui sisa saluran pencernaan, dan dibuang—bukan diserap oleh tubuh. Asupan beta glucan juga telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

2. Bantu Perkuat Imunitas

Beta glucan juga merupakan penguat sistem daya tahan tubuh atau imunitas. Sebagai jenis serat larut, ini membantu membangun mikrobioma usus yang sehat, yang kita tahu adalah komponen kunci untuk kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

3. Bagian dari Pengobatan Kanker

Beta glucan juga telah digunakan sebagai bantuan pengobatan yang efektif dalam penyembuhan luka, alergi, infeksi pernapasan, dan bahkan kanker. Sedemikian rupa sehingga isolat beta glukan dilisensikan sebagai obat terapi adjuvant imun untuk kanker di Jepang pada tahun 1980 dan masih digunakan sampai sekarang.

4. Baik untuk Kontrol Gula Darah

Terlebih lagi, beta glukan dikaitkan dengan hasil yang lebih baik bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik. Ini karena meningkatkan sensitivitas insulin sekaligus mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Baca Juga:

Beta glucan juga berkontribusi pada kontrol glikemik secara keseluruhan, yang berarti bahwa individu yang mengonsumsi jenis serat ini cenderung lebih mudah mengelola gula darah mereka dalam jangka waktu yang lama.

Karena temuan ini, beta glukan telah menjadi rekomendasi nutrisi untuk sindrom metabolik, kanker, diabetes, pengobatan penyakit jantung, dan banyak lagi. Tapi itu juga merupakan pelengkap diet yang bagus bagi mereka yang sudah menjalani gaya hidup sehat tanpa penyakit.

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Beta Glucan

Bergantung pada tujuan Anda, idealnya, mengonsumsi setidaknya empat hingga delapan gram beta glukan per hari. Meskipun ada suplemen beta glukan yang tersedia, pilihan terbaik selalu daa di bahan alami.

1. Jamur

Kaya kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa unik seperti adaptogen, ada banyak alasan untuk memasukkan jamur ke dalam diet Anda. Jamur reishi dan shiitake sangat tinggi beta glukan, menghasilkan hingga setengah gram gram per 3/4 cangkir (mentah).

2. Oat

Oat adalah salah satu makanan paling padat nutrisi di luar sana. Selain beta glukan, oat juga mengandung protein, vitamin B seperti folat dan tiamin, dan mineral termasuk mangan, fosfor, dan magnesium. Kombinasi ini menawarkan energi yang tahan lama dan kesehatan yang optimal.

Oat juga merupakan salah satu sumber beta glukan terbaik yang tersedia bagi kita, dengan tiga gram per 1 1/2 cangkir dimasak.

3. Ragi Nutrisi

Ragi nutrisi atau nutritional yeast sangat populer di kalangan vegan karena mengandung vitamin B penting yang sulit ditemukan di luar produk hewani termasuk riboflavin, vitamin B6, niasin, dan yang paling penting, vitamin B12. Diketahui dua sendok makan ragi nutrisi mengandung setengah gram beta glukan.

4. Gandum

Selain mengandung mangan, vitamin B, dan selenium, gandum adalah sumber beta glucan yang sangat baik. Satu cangkir tepung gandum utuh mengandung dua gram beta glucan. 

5. Rumput laut

Rumput laut adalah salah satu sumber yodium terbaik yang tersedia, penting untuk fungsi tiroid yang sehat. Rumput laut juga merupakan sumber beta glucan yang bagus, dengan jumlah tergantung pada jenis rumput laut dan bagaimana rumput laut itu ditanam.

6. Barley

Jelai atau barley juga salah satu sumber beta glucan terbaik yang tersedia. Kandungan beta glucan di dalam barley bisa mencapai 11,5 persen dari total volume. Satu cangkir barley yang dimasak mengandung dua setengah gram beta glucan.

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."