Putrinya Mulai MPASI, Simak 3 Menu Metode BLW ala Nadine Chandrawinata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Nadine Chandrawinata dan putrinya Nadi Djiwa Anggara/Foto: Instagram/Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata dan putrinya Nadi Djiwa Anggara/Foto: Instagram/Nadine Chandrawinata

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara memutuskan memulai memberikan MPASI pada buah hati mereka melalui metode Baby Led Weaning (BLW). 

MPASI adalah Makanan pendamping ASI yang mulai diberikan pada bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan. Sekitar usia enam bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi mulai melebihi apa yang disediakan oleh ASI, dan makanan pendamping diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bayi pada usia ini juga secara perkembangan siap untuk makanan lain. Transisi ini disebut sebagai makanan pendamping.

WHO merekomendasikan agar bayi mulai menerima makanan pendamping pada usia enam bulan selain ASI. Awalnya, mereka harus menerima makanan pendamping 2-3 kali sehari antara 6-8 bulan dan meningkat menjadi 3-4 kali sehari antara 9-11 bulan dan 12-24 bulan. Camilan bergizi tambahan juga harus ditawarkan 1-2 kali per hari untuk usia 12-24 bulan, sesuai keinginan.

Bayi sekitar usia 6 bulan dapat merangsang nafsu makannya dengan menambahkan makanan ke ASI atau makanan berbasis susu formula. Banyak Ibu yang menantikan kesempatan untuk melihat bagaimana bayi merespon warna, tekstur dan rasa baru.

Bayi mungkin akan diberi makan bubur bayi dengan sendok, pendekatan khas dalam masyarakat Barat, atau mereka mungkin menyusu melalui metode Baby-Led Weaning (BLW).

BLW ditandai dengan bayi makan makanan lunak kecil yang dapat mereka makan sendiri. Pendukung metode mengklaim manfaat seperti peningkatan regulasi nafsu makan dan keterampilan motorik.

Berikut menu makanan pendamping ASI melalui metode Baby Led Weaning (BLW) Buah hati Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata.  

1. Buah Naga 

Nadine mengunggah foto Bayi Djiwa terlihat memakan buah naga hingga buah naga memenuhi mulutnya seperti memakai lipstik. Buah naga dikenal sebagai buah yang bergizi. Makanan yang ideal untuk bayi dan orang dewasa. Kita semua tahu bahwa bayi tumbuh dengan cepat di tahun pertama kehidupan dan membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mendukungnya. Buah naga mengandung berbagai nutrisi, terdapat sumber zat besi, magnesium, dan serat yang baik untuk tubuh.

 2. Pepaya dan Pasta 

Nadine membagikan foto Djiwa memakan pasta dan buah pepaya, saking semangatnya makan pasta hingga berantakan di piring. Setelah bayi mulai makan makanan padat, tidak apa-apa untuk memperkenalkan pasta. Tergantung kemauan bayi, bisa berumur sekitar 4-6 bulan. Namun, pastikan untuk merebus mie sampai lunak. Untuk anak-anak di bawah usia 1 tahun, pilihan yang terbaik adalah menyajikan pasta yang lebih besar, atau pasta datar dan lebar. Hindari memberikan pasta tipis seperti spaghetti karena menimbulkan bahaya tersedak yang lebih besar pada bayi. 

Pepaya dapat diperkenalkan setelah bayi Anda siap untuk mulai makanan padat, ini biasanya sekitar usia 6 bulan. Pepaya kaya akan vitamin A dan C, nutrisi penting untuk mendukung penglihatan, sistem kekebalan, dan kulit bayi.. Vitamin C juga membantu bayi menyerap zat besi dari makanan nabati. Pepaya lebih kaya vitamin C dibandingkan apel, pisang dan jeruk. Buah ini juga menyediakan vitamin B untuk energi, Menyediakan banyak vitamin E untuk sel, dan serat untuk kesehatan usus.

 3. Jagung 

Nadine membagikan foto Djiwa memakan jagung, menampakkan giginya yang mulai tumbuh pada akun Instagramnya. Jagung adalah bagian dari makanan sehat, biasanya makanan bayi sekitar usia 6 bulan, ketika bayi mulai makan makanan padat. Untuk menghindari tersedak, hindari memberi makan biji jagung utuh kepada bayi sampai mereka benar-benar bisa mengunyah dengan baik. Tergantung pada kemampuan mengunyah bayi, ini bisa memakan waktu sekitar 12-18 bulan. Sampai saat itu, haluskan jagung hingga konsistensi tipis dan sajikan apa adanya atau dicampur dengan makanan bayi lainnya. 

Baca: Cerita Nadine Chandrawinata Pakaikan Putrinya Busana Upcycle

JESSYCA GAZELLA | WHO - HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."