Mengenal Istri PM Inggris Rishi Sunak, Akshata Murthy yang Menyukai Dunia Mode

Tidak hanya menyukai dunia mode sedari remaja, istri PM Inggris Rishi Sunak, Akshata Murthy juga belajar bisnis yang mempertemukan dia dengan Rishi/Foto: Instagram/Vicky Flores Photo

profil

Mengenal Istri PM Inggris Rishi Sunak, Akshata Murthy yang Menyukai Dunia Mode

Selasa, 25 Oktober 2022 12:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaRishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris pertama keturunan India setelah para pesaingnya satu per satu mundur dari pencalonan pada Senin, 24 Oktober 2022. Pria 42 tahun ini berlatar belakang politikus beragama Hindu, menjadi orang keturunan Asia pertama yang memimpin Inggris. Dia juga menjadi PM Inggris non-Kristen pertama dalam sejarah.

Tidak hanya sosok Rishi yang mencuri perhatian, sang istri Akshata Murthy juga tak kalah menjadi pembicaraan Selain berasal dari keluarga konglomerat dari India, ibu dua anak ini juga alumnus Standford University dengan konsentrasi bisnis. 

Akshata bertemu Rishi saat belajar di Stanford - Rishi telah memenangkan beasiswa Fulbright - dengan Tatler menggambarkannya sebagai 'seorang siswa yang artistik dan menyukai mode dengan hasrat yang mendalam untuk keahlian tradisional India.'

Rishi baru-baru ini mengakui ada 'sesuatu' di sana ketika dia dan Akshata pertama kali bertemu – dan menambahkan bahwa dia adalah penggemar berat drama komedi romantis, mendorongnya untuk mengubah beberapa kelasnya sehingga dia bisa duduk di sebelah istrinya.

Empat tahun kemudian, pada tahun 2009, mereka menikah dalam upacara mewah di Bengaluru di India, yang merupakan rumah pasangan itu selama empat tahun ke depan.

Memiliki passion di dunia mode

Akshata sendiri telah karib dengan Vogue India, dan menjalankan Akshata Designs. 'Saya adalah entang cerita di balik pakaian tertentu, keasliannya, pengerjaan dan melindungi warisan yang kaya', katanya kepada majalah itu pada tahun 2011. Dia memiliki hasrat untuk fashion sejak usia dini dan telah mengingat bagaimana ibunya memarahinya karena lebih memperhatikan glamor daripada dia melakukan studinya.

Setelah menyelesaikan sekolah, Akshata pindah ke AS, di mana ia menyelesaikan gelar di bidang ekonomi dan Prancis di Claremont McKenna College di California dan belajar di Fashion Institute of Design and Merchandising di LA. Akshata mengejar karir di bidang mode dan mendirikan bisnisnya sendiri pada tahun 2007, Akshata Designs, berdasarkan perayaan budaya India, menemukan seniman di desa-desa terpencil dan bekerja dengan mereka dan desain mereka agar bisa menciptakannya sendiri.

Akshata Murthy, istri Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak. Sumber: Reuters

"Saya banyak cerita soal pakaian tertentu, keasliannya, pengerjaannya, dan melindungi warisan yang kaya," katanya kepada Vogue. 'Saya peduli melakukan sesuatu di India, untuk India karena itu adalah bagian dari DNA keluarga kami.'

Namun, usaha bisnisnya jatuh datar dan runtuh setelah hanya tiga tahun. Meskipun demikian, ia terus memegang saham dalam bisnis selama bertahun-tahun – termasuk kerajaan keluarga, Infosys dan proyek yang dia dan Rishi dirikan bersama, Catamaran Ventures UK. Dia juga telah dikaitkan dengan Jamie Oliver's Pizzeria dan penjahit Etonian, New & Lingwood.

Portofolio bisnis keluarga Akshata

Tapi dia jauh lebih dari itu: putri Narayana Murthy yang berusia 42 tahun, salah satu pria terkaya di India, adalah bagian dari dinasti yang mengesankan.  Rishi diperkirakan memiliki kekayaan bersih atau £200 juta, sementara kekayaan Akshata dilaporkan sebesar £500 juta. Pasangan itu memiliki 'setidaknya empat properti', termasuk rumah senilai 7 juta poundsterling di Kensington tempat mereka tinggal bersama dua anak mereka, Krishna dan Anoushka, menurut The Times.

Kepemilikan saham gabungan di perusahaan teknologi Infosys senilai £1,7 miliar. usaha patungan dengan Amazon, Cloudtail, di India senilai £900 juta setahun, kepemilikan saham di perusahaan Inggris yang menjalankan restoran Italia Jamie dan rantai burgerWendy's di India. Mereka juga memegang saham di Koru Kids dan merupakan direktur Digme Fitness. Akshata adalah pemegang saham atau direktur di lima perusahaan Inggris lainnya, termasuk penjual eceran Mayfair yang membuat jas berekor murid Eton College seharga £ 2.500 masing-masing

Akshata juga terdaftar sebagai direktur perusahaan perangkat lunak Inggris, Soroco, yang didirikan bersama oleh saudara laki-lakinya Perusahaan investasi Catamaran Ventures milik ayah Narayana Murthy Dia menjalankan label mode Akshata Designs.

Akhirnya Rishi dan Akshata pindah ke Inggris pada tahun 2013, di mana Rishi menjadi anggota parlemen untuk Richmond di Yorkshire dua tahun kemudian. Pasangan itu sekarang tinggal di townhouse senilai 7 juta poundsterling di Kensington bersama putri mereka, yang merupakan salah satu dari beberapa properti yang mereka miliki.

Selain townhouse, mereka juga menikmati flat £1 juta di Kensington dan rumah mewah £2 juta di konstituensi Yorkshire Rishi, di mana ia dijuluki 'Maharaja of the Dales'. Mereka juga memiliki penthouse 5,5 juta poundsterling di California, menghadap ke dermaga Santa Monica, yang mereka gunakan saat liburan. Kendati bukan politisi terpilih, Akshata telah menjadi sorotan publik lebih dari satu kali – baik dalam kaitannya dengan kekayaannya maupun pilihan modenya.

Sempat tersandung masalah pajak

Awal tahun ini dia menjadi berita utama untuk status pajak non-domisili ('non-dom'), yang merupakan cara legal untuk menghindari pembayaran pajak di Inggris atas pendapatan luar negeri. Status tersebut sering digunakan oleh orang-orang super kaya untuk menghemat pajak ribuan bahkan jutaan poundsterling.

Diperkirakan sebagian besar kekayaan Akshata berasal dari Infosys, yang berbasis di Bangalore.Setelah pengungkapan pajak terungkap, pasangan itu menghadapi reaksi keras - yang menyebabkan Akshata akhirnya melepaskan status non-domnya dan berjanji untuk membayar pajak di Inggris atas kekayaan yang dia bawa dari seluruh dunia.

Dia merilis sebuah pernyataan yang membela pengaturan 'sepenuhnya legal', tetapi akhirnya menyerah untuk melepaskan statusnya. Pernyataan itu berbunyi: 'Sudah menjadi jelas bahwa banyak yang merasa itu tidak sesuai dengan peran suami saya sebagai Rektor.

'Saya memahami dan menghargai rasa keadilan di Inggris dan saya tidak ingin status pajak saya menjadi gangguan bagi suami saya atau mempengaruhi keluarga saya"

Baca: Drew Barrymore Cerita Putri Sulungnya Punya Minat Tinggi pada Mode

DAILY MAIL | GRAZIA DAILY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika