Ragam Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Ikan Berlemak hingga Apel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGinjal berfungsi menyaring produk limbah dari darah dan mengirimkannya keluar dari tubuh melalui urine. Ginjal juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit.

Ginjal melakukan tugas-tugas tersebut tanpa bantuan dari luar. Agar fungsi ginjal optimal, ada sejumlah makanan yang bisa membantu kesehatan ginjal, tapi perlu dicermati tidak semuanya cocok untuk orang yang memiliki penyakit ginjal.

1. Ikan Berlemak

Salmon, tuna, dan ikan berlemak air dingin lainnya yang tinggi asam lemak omega-3 dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet apa pun.

Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3, yang berarti harus berasal dari makanan. Ikan berlemak adalah sumber alami yang bagus dari lemak sehat ini.

Seperti yang dicatat oleh National Kidney Foundation, lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan juga bantu menurunkan tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, menemukan cara alami untuk menurunkannya dapat membantu melindungi ginjal.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar mirip dengan ubi putih, tetapi kelebihan seratnya dapat menyebabkannya terurai lebih lambat, menghasilkan lebih sedikit lonjakan kadar insulin. Ubi jalar juga mengandung vitamin dan mineral, seperti potasium, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi efeknya pada ginjal.

Namun, karena ubi jalar adalah makanan tinggi kalium, siapa pun yang menderita penyakit ginjal kronis atau sedang menjalani dialisis mungkin sebaiknya membatasi asupan sayuran ini.

3. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran berdaun gelap, seperti bayam, kangkung, dan lobak, adalah makanan pokok yang mengandung berbagai macam vitamin, serat, dan mineral. Banyak juga yang mengandung senyawa pelindung, seperti antioksidan.

Namun, makanan ini juga cenderung tinggi potasium atau kalium, sehingga mungkin tidak cocok untuk orang dengan diet terbatas atau mereka yang menjalani dialisis.

4. Buah Berry

Berry gelap, yang meliputi stroberi, blueberry, dan raspberry, merupakan sumber makanan kaya nutrisi dan senyawa antioksidan. Ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. Buah berry cenderung menjadi pilihan yang lebih baik daripada makanan manis lainnya untuk memuaskan keinginan makan makanan manis.

5. Apel

Apel adalah camilan sehat yang mengandung serat penting yang disebut pektin. Pektin dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal, seperti gula darah tinggi dan kadar kolesterol.

Untuk jaga kesehatan ginjal, jangan lupa masukkan makanan di atas ke dalam menu harian, sahabat Cantika.

MEDICAL NEWS TODAY

Baca juga: 5 Makanan Rendah Kalium untuk Pasien Penyakit Ginjal, Ada Brokoli dan Nanas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."