Studi Ungkap Latihan Kekuatan Bisa Redakan Postnatal Anxiety

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu dan bayi. Shutterstock

Ilustrasi ibu dan bayi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kasus kecemasan pascapersalinan atau postnatal anxiety telah meningkat sejak awal COVID-19. Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami kecemasan yang parah setelah menjadi orang tua.

"Perasaan cemas ini sering di luar kendali dan mengambil alih pikiran Anda," menurut The Cleveland Clinic. Istirahat yang cukup, dukungan emosional, dan bantuan psikologis merupakan intervensi penting dalam mengurangi efek postnatal anxiety.

Dan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan kekuatan juga dapat mengatasi postnatal anxiety.

Studi non-acak, yang diterbitkan dalam The Health and Fitness Journal of Canada, mengikuti 19 wanita kurang dari sembilan bulan pascapersalinan yang berpartisipasi dalam program latihan kelompok berbasis kekuatan dua mingguan yang dibuat oleh Les Mills selama total delapan minggu. Meskipun perlu dicatat bahwa penelitian ini sangat kecil, dan masih membutuhkan penelitian yang lebih kuat tentang kesehatan psikologis untuk wanita pascamelahirkan, hasilnya menjelaskan seberapa efektif kebugaran dalam meningkatkan kesehatan mental ibu baru.

Di akhir penelitian, peneliti mengidentifikasi dua temuan utama dari catatan melalui kuesioner yang diberikan kepada semua peserta. Pertama, mereka mencatat bahwa rejimen olahraga mengurangi "kecemasan keadaan"—yang berarti kecemasan sementara tetapi sangat emosional—sebelum dan sesudah setiap kelas olahraga.

Selanjutnya, mereka melihat "peningkatan signifikan dalam memenuhi kebutuhan psikologis dasar (kompetensi), dan peningkatan signifikan dalam regulasi otonom (motivasi intrinsik)," tulis penulis penelitian.

Menariknya, tidak ada laporan peningkatan efikasi diri atau perbaikan dalam depresi, stres, atau  kecemasan yang dialami di banyak situasi.

Namun, hasil positifnya layak dikantongi jika Anda seorang ibu baru (atau akan segera menjadi ibu), menurut Peggy Loo, psikolog berlisensi yang dilatih dengan Postpartum Support International.

"Hasilnya tidak mengejutkan saya, terutama dalam beberapa bulan pertama pascapersalinan, ketika para ibu sering mengalami kehidupan, peran, dan perubahan tubuh yang begitu radikal," katanya. "Ada banyak bukti yang mendukung aktivitas fisik dan olahraga salah satu cara untuk mengurangi kecemasan."

Menurut Dr. Loo, tiga aspek penelitian adalah kunci untuk memahami jenis dukungan yang benar-benar dibutuhkan ibu yang baru lahir. "Yang menonjol bagi saya tentang penelitian ini adalah format kelompok, bahwa perempuan dapat membawa bayi mereka, dan ini terjadi dalam sembilan bulan pertama pascapersalinan," katanya.

Manfaat latihan itu sendiri sangat kuat karena ada penelitian signifikan yang menunjukkan bahwa menggerakkan tubuh dapat membuat pikiran lebih aman dan lebih bahagia.

"Selain salah satu investasi tubuh, rutin latihan juga bisa sangat memberdayakan kembali, dan mengembalikan rasa perawatan diri serta dentitas yang sering dilupakan dalam tugas sehari-hari mengasuh bayi," ujarnya.

Ditambah lagi, mengingat krisis pengasuhan anak telah menyebabkan ribuan wanita tanpa bantuan yang layak, fakta bahwa manfaat kelas latihan bersama tidak dapat diabaikan.

"Terakhir, selalu ada sesuatu yang kuat tentang berada di sekitar wanita dalam tahap kehidupan yang sama untuk meyakinkan bahwa Anda tidak sendirian," kata Dr. Loo.

Dr. Loo mengatakan bahwa ibu baru dapat menerapkan penelitian ini dengan menambahkan latihan kekuatan ke rutinitas harian mereka, bahkan jika itu hanya 10 menit dua kali seminggu.

"Bergabung dengan kelas latihan streaming online dari rumah sekarang menjadi pilihan di masa pandemi Covid. Bahkan mengumpulkan beberapa ibu untuk zoom mingguan dan berbagi layar yang memutar video yoga pendek dapat secara kreatif meniru struktur yang sama dari penelitian ini, tetapi dengan fleksibilitas yang lebih besar," ungkapnya.

Jadi, jika alami postnatal anxiety, sempatkan untuk latihan kekuatan dan sederet kiat lainnya yang disarankan dokter dan psikolog.

WELL+GOOD

Baca juga: Manfaat Butterfly Hug untuk Kesehatan Mental, Redakan Cemas dan Trauma

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."