7 Urutan Skincare Malam untuk Bantu Regenerasi Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas perawatan kulit atau skincare malam adalah waktu yang tepat untuk memastikan kulit wajah Anda mendapatkan nutrisi dan bahan aktif sebanyak mungkin. Sebab kulit beregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri saat Anda tertidur, kata Ashley Magovern, dokter kulit dan pemilik serta pendiri Manhattan Dermatology di Manhattan Beach, California, Amerika Serikat. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan urutan skincare malam yang tepat untuk menuai hasil optimal.

Menurut dokter Magovern, tiga langkah dasar seperti urutan skincare pagi dipertahankan sebagai awalan. Setelah itu, diperkaya dengan produk-produk untuk membantu regenerasi kulit. 

Berikut urutan skincare malam menurut para pakar kulit:

1. Pembersih Wajah

Urutan skincare malam yang pertama adalah membersihkan wajah, hapus riasan, kotoran, hingga polusi udara yang menempel di wajah. Mulailah dengan mengoleskan penghapus riasan terpisah jika diperlukan. Sebab tak semua kosmetik bisa dihapus dengan pembersih wajah biasa.

“Pembersih tidak selalu dirancang untuk menghapus riasan, terutama pada mata,” kata Senior Chemist GH Beauty Lab, Sabina Wizemann.

Bisa juga Anda melakukan pembersihan ganda atau double cleansing untuk mengoptimalkan hasil. Saat membersihkan wajah, mulailah dari bagian dalam wajah ke atas, lalu keluar, dan ke bawah di sepanjang garis rambut dan perimeter hingga tepat di bawah dagu, saran Wizemann.

2. Toner

Jika Anda memilih toner, aplikasikan dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di pagi hari. Karena berbentuk cair, toner harus digunakan sebelum formula yang lebih berat seperti serum dan pelembap, sehingga memiliki kesempatan untuk diserap.

3. Serum atau Produk Perawatan

Malam adalah waktu yang ideal untuk menggunakan produk dengan bahan yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati atau merangsang pergantian sel saat Anda tidur, seperti asam alfa hidroksi seperti asam glikolat atau retinol, kata Dr. Magovern. Teksturnya halus, mencerahkan dan mengecilkan pori-pori.

Jika Anda merawat hiperpigmentasi, gantilah antara retinoid dan hidrokuinon bahan aktif yang memudarkan noda.

4. Krim Mata

Oleskan sedikit serum atau krim mata terpisah jika Anda menggunakannya juga di pagi hari. “Anda tidak harus menggunakan banyak, tetapi jika Anda mulai melatih kulit Anda untuk mentoleransi produk yang lebih aktif di sekitar mata, Anda akan melihat lebih banyak perubahan,” jelas Dr. Magovern.

5. Pengobatan Jerawat

Jika saat ini Anda berjerawat, urutan skincare malam selanjutnya adalah mengaplikasikan produk perawatan jerawat. Untuk jerawat kronis, jadilah proaktif daripada mengobati jerawat saat muncul, saran Dr. Magovern.

“Jika Anda hanya merawat area jerawat yang itu saja, Anda akan mendapatkan jerawat tepat di sebelahnya jika kulit Anda tersumbat,” katanya. “Anda berjerawat karena minyak menumpuk, jadi konsistenlah dengan rutinitas Anda untuk menjaga pori-pori di seluruh wajah Anda tetap bersih.”

Jika menggunakan retinoid, biarkan kulit menyesuaikan diri sebelum mencoba formula jerawat seperti asam salisilat.

6. Krim Malam

Pelembap sangat penting di malam hari karena menciptakan penghalang yang menyegel hidrasi alami kulit dan bahan aktif apa pun untuk melawan hilangnya kelembapan yang terjadi saat Anda tidur. Tetapi meskipun Anda dapat menggunakan pelembap siang hari non-SPF di malam hari, menggunakan formula khusus malam hari akan memiliki manfaat anti-penuaan sekaligus memperbaiki kerusakan di siang hari.

"Sementara pelembap biasa fokus pada peningkatan penghalang kelembapan alami kulit saja, krim malam mengandung bahan aktif yang membantu memperbaiki kulit selain menambah kelembapan," jelas Tonya McLeod, dokter kulit di Charlotte, North Carolina.

7. Minyak Wajah

Ini bukan langkah yang perlu, tetapi jika kulit Anda masih terasa kering, mengoleskan minyak wajah menjadi cara yang bagus untuk membantu mengunci kelembapan dalam semalaman.

“Banyak orang berpikir bahwa jika mereka memiliki jerawat atau kulit berminyak, mereka menghindari minyak wajah, tetapi itu tidak benar,” jelas Dr. Magovern. "Minyak wajah benar-benar dapat membantu melembutkan kulit." Untuk meningkatkan nutrisi, tepuk-tepuk minyak wajah sebagai langkah terakhir setelah sisa produk perawatan kulit Anda mengering. Pastikan untuk mengoleskannya dengan menekannya ke kulit Anda, bukan menggosoknya.

Apakah urutan skincare malam di atas sudah sama seperti rutinitas kecantikan Sahabat Cantika sebelum tidur?

GOOD HOUSEKEEPING

Baca juga: Tips Memakai Skincare Aman, Cek Jenis Kulit Wajah Sesuai Kebutuhan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."