Cara Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar Cegah Konflik dalam Bisnis Keluarga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Zaskia Sungkar dan adiknya, Shireen Sungkar. Foto: Instagram/@zaskiasungkar15

(dari kanan) Zaskia Sungkar dan adiknya, Shireen Sungkar. Foto: Instagram/@zaskiasungkar15

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kakak adik selebriti, Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar kini lebih fokus mengurus bisnis keluarga ketimbang tampil di layar televisi. Dalam mengelola bisnis yang bergerak di bidang mode dan konten di media sosial, mereka juga melibatkan suami masing-masing, yakni Irwansyah dan Teuku Wisnu. Dengan keikutsertaan hampir seluruh keluarga inti tentu cukup menantang sama seperti bisnis keluarga lainnya. Maka dari itu, mereka menerapkan pembagian kerja sebagai salah satu cara jitu cegah konflik.

"Pasti ada saja, bukan konflik tapi lebih ke perbedaan pendapat. Gimana menyiasatinya? Secara teknis, kita udah bagi dulu tugas masing-masing. Jod desk-nya Wisnu apa, Shireen apa, Kia apa, Irwan apa. Dari situ aja, insya allah, mengurangi risiko untuk bentrok," ucap Zaskia saat membuat vlog bersama suami, adik dan adik iparnya yang diunggah di kanal Youtube The Sungkars, Sabtu, 8 Oktober 2022.

"Dan yang kedua, harus banyak-banyak belajar gimana cara menghargai pendapat orang lain, gimana caranya untuk mengalah, dan yakin yang kita lakuin untuk mencari berkahnya Allah. Dimulai dari niat baik itu, insya allah, kita tahu rem dan batasan masing-masing. Apa yang harus kita lakuin dan gak boleh lakuin," lanjut ibu satu putra itu.

Shireen pun mengamini perkataan kakak sulungnya. Ia juga mengatakan bahwa mengurus bisnis keluarga bisa jadi menantang dalam urusan uang,

"Bisnis keluarga itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena kita udah ada koneksi satu sama lain karena kita dah sering ketemu. Susahnya itu, uang itu panas. Setan itu banyak kalau menurut aku, kalau dah di urusan duit," tutur ibu tiga anak itu.

Sementara itu, Teuku Wisnu mengatakan pentingnya saling menghargai. "Kia bener banget tuh. Secara teknis, dipagarin banget tuh, ini wilayahnya siapa tapi semua bisa memberi masukan. Tapi ketika wilayah ini yang memutuskan adalah si ini," jelas pria yang menikahi Shireen Sungkar pada 2013 silam itu.

Wisnu juga menyebutkan pentingnya membaca suasana hati satu sama lain untuk berdiskusi agar komunikasi berjalan lancar. "Oh lagi gak enak (suasana hatinya), jangan dibecandain," sambung pria berdarah Aceh itu.

"Ya, pinter-pinter mapping karakter orang. Gak bisa semua kita samain. Kita juga harus punya hati yang luas untuk nahan hawa nafsu untuk kayak gue pengen banget ngomong," pungkas Zaskia Sungkar.

Baca juga: Jadi Ibu, Zaskia Sungkar Akui Belajar Mengontrol Emosi dari Adiknya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."