4 Makanan untuk Atasi Depresi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ubi jalar berbumbu. shutterstock.com

Ilustrasi ubi jalar berbumbu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita pasti pernah alami depresi di suatu masa. Di masa itu, beberapa di antara kita memilih menyantap makanan untuk membangkitkan suasana hati yang positif. Agar Anda tidak salah pilih, ada beragam makanan sehat yang mengandung serotonin kimia untuk meningkatkan suasana hati atau mood, membuat otak lebih aktif, dan melawan depresi tanpa mengganggu kesehatan Anda.

Berikut makanan yang secara alami diperkaya dengan sifat anti-depresan untuk atasi depresi:

1. Biji Chia

Biji chia diperkaya dengan kebaikan berbagai nutrisi seperti omega 3, asam amino, zat besi, dan Vitamin B yang penting untuk fungsi kognitif yang lancar. Biji chia memastikan fungsi neurotransmitter yang optimal dan membantu memproduksi serotonin dalam tubuh yang selanjutnya membuat Anda dalam suasana hati yang baik serta mengurangi tanda-tanda depresi.

2. Ubi jalar

Salah satu nutrisi yang dikandung ubi jalar adalah L-triptofan, yang berkhasiat mencegah depresi dan kecemasan. Selain membantu memerangi stres tinggi, ubi jalar juga menjaga kadar gula darah tinggi.

3. Brokoli

Sayuran sederhana ini mengandung nutrisi penting yang penting untuk kelancaran fungsi tubuh, mulai dari vitamin B6, protein hingga kalsium. Brokoli juga mengandung semua nutrisi penting untuk meningkatkan relaksasi dan suasana hati yang bahagia. 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kacang tanah dan kenari kaya akan lemak bergizi, serat, dan asam amino seperti triptofan yang meningkatkan suasana hati Anda sekaligus mengurangi stres dan depresi. Kacang-kacangan dan biji-bijian disebut-sebut paling baik untuk otak yang sehat dan menghasilkan suasana hati bahagia yang tahan lama.

Perlu diingat, konsumsi makanan di atas secara moderat untuk atasi depresi. Selain itu, imbangi dengan latihan yang dapat mengontrol tingkat stres Anda dan istirahat yang cukup.

PINK VILLA

Baca juga: Berikut Daftar Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Stres dan Depresi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."