Berikut Daftar Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Stres dan Depresi

Ilustrasi teh chamomile. Pixabay.com

kesehatan

Berikut Daftar Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Stres dan Depresi

Selasa, 31 Mei 2022 12:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kala alami stres, sejumlah orang akan mengatasinya dengan cara melakukan hobi, mendengarkan musik atau bertemu teman atau keluarga. Selain itu, ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu untuk mengurangi stres dan tingkat keparahan akibat depresi.

Menurut Archana Batra, ahli gizi diet, fisioterapis, ada sejumlah makanan dan minuman untuk mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol sekaligus menambahkan nutrisi ke tubuh Anda.

6 Makanan dan Minuman yang Membantu Mengurangi Stres

1. Teh Chamomile

Ada bukti yang menyatakan manfaat obat dari chamomile, seperti penurunan stres yang terlihat dan peningkatan tidur nyenyak pada tubuh. Secangkir teh chamomile hangat memberikan efek menenangkan yang melemaskan saraf dan melepaskan simpul stres di tubuh Anda.

Teh chamomile juga telah menunjukkan efek relaksasi pada kram dan nyeri haid, serta mengobati beberapa masalah pencernaan seperti mual dan kembung. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu Anda dengan sakit perut dan diare.

2. Peterseli

Peterseli diperkaya dengan antioksidan dan vitamin K yang membantu pembekuan darah ketika ada memar atau luka pada kulit, dan juga berkontribusi pada kepadatan tulang.

Peterseli juga kaya akan vitamin C yang mengurangi stres oksidatif dan mengurangi gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Antioksidan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti beberapa jenis kanker dan mengendurkan otot.

Daun peterseli dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan dengan menambahkannya ke salad dan sup. Anda juga dapat menikmati secangkir teh peterseli hangat.

3. Bluberry

Buah beri kaya akan antioksidan flavonoid dan fitonutrien yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Antioksidan yang ada dalam bluberry dapat melawan kolesterol ekstra yang akhirnya teroksidasi dalam tubuh.

Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

Kontrol kadar kolesterol memastikan bahwa Anda tidak rentan terhadap penyakit jantung. Bluberi juga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung. Ini membantu meningkatkan produksi oksida nitrat yang mengurangi tekanan di pembuluh darah dan melemaskan otot sehingga juga mengurangi risiko diabetes.

4. Omega 3

Omega-3 adalah nutrisi penting dalam mencegah dan mengelola banyak penyakit jantung. Ini juga menurunkan tekanan darah, peradangan, dan detak jantung yang tidak normal. Omega-3 juga telah ditemukan efektif dalam mengurangi efek depresi dan stres pada manusia.

Cara paling efisien untuk mengonsumsi omega-3 adalah melalui ikan berlemak, tetapi jika Anda seorang vegan atau vegetarian, ada banyak suplemen lain yang dapat dipilih, seperti alpukat, biji rami, biji chia, minyak zaitun, kenari, dan kedelai.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar dikemas dengan vitamin B, C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Ini membuat sistem pencernaan yang sehat dan membangun kekebalan untuk melawan berbagai penyakit. Ubi jalar juga bermanfaat untuk mata Anda. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat yang baik dalam tubuh.

Jadi, ketika merasa ingin makan saat stres atau mengonsumsi karbohidrat dan permen, maka Anda dapat memilih ubi jalar. Ubi jalar adalah cara yang sehat untuk mengisi perut Anda dan serat yang ada di dalamnya memastikan pemecahan pati yang ada di dalamnya secara perlahan dan stabil, sehingga Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan tidak berakhir mengemil atau mengunyah makanan olahan.

6. Cokelat Hitam

Jika Anda menyukai makanan manis atau tiba-tiba sangat menginginkan sesuatu yang manis, jadikan cokelat hitam sebagai pilihan. Banyak orang mengalami dorongan untuk makan ketika stres dan akhirnya mengonsumsi permen atau keripik yang menambah kalori ke tubuh.

Cokelat hitam terkenal dengan karakteristik antioksidan dan pengurangan stres. Menggabungkan sebagian kecil cokelat hitam di hari Anda sekitar 50-60 gram, dapat sangat membantu mengatasi kecemasan, meningkatkan memori, dan meningkatkan aliran darah di pembuluh darah untuk membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.