5 Tips Mengatasi Overthinking, Mulai dari Bertanya pada Diri Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kaum muda-mudi kini sering terjebak dalam overthinking, sehingga kemudian berujung pada insomnia. Tidak mereka yang menyebutkan overthinking ini jadi salah satu kebiasaannya di malam hari. Banyak video di media sosial tentang ini. 

Mengutip laman Universitas Gadjah Mada, seorang psikolog sekaligus dosen Universitas Gadjah Mada Wirdatul Anisa menyebut, overthinking sebagai sesuatu yang merugikan waktu untuk memikirkan suatu hal, dengan disertai kekhawatiran. 

Seorang yang mengalami overthinking akan suatu hal bahkan bisa memikirkan hal tersebut semalaman, sehingga waktu istirahatnya berkurang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Seorang psikolog yang kerap membuat konten di Instagram, Sovia Sahid, membagikan tips untuk mengatasi overthinking

Berikit tips penjelasan 5 T untuk mengatasi overthinking:

1. Tanyakan dan sadari 

Bertanya kepada diri sendiri, apa saja hal yang sedang menganggu diri dan menjadi pemikiran terus menerus. 

2. Tuliskan pikiran negatif tersebut sedetail mungkin 

Siapkan alat tulis dan catatlah hal-hal apa saja yang sedang dikhawatirkan secara detail. Tuangkan semua kekhawatiran yang mengganggu itu ke dalam kertas.

3. Tantang pikiran-pikiran negatif tersebut 

Baca ulang tulisan tadi, lalu pertanyakan pada diri sendiri, apakah pikiran-pikiran yang membuat kekhawatiran berlebih dan mengganggu itu wajar atau pikiran itu 100 persen benar, atau justru hanya kekhawatiran semata. Serta tanyakan dampak dari pikiran itu, apakah itu bisa membuat diri menjadi produktif, atau sebaliknya. 

4. Temukan alternatif atau solusi 

Solusi dari pikiran-pikiran tadi harus segera ditemukan, agar tidak menambah panjang waktu yang terbuang akibat overthinking. 

5. Tetap fokus dengan apa yang sedang dilakukan 

Overthinking sebenarnya hanya akan mengganggu fokus hal yang sedang ada di depan mata, dengan memikirkan hal yang bahkan umumnya hanya sebatas kekhawatiran semata. Jadi, untuk tetap produktif harus fokus terhadap apa yang di depan mata.

Baca: Sering Overthinking? Ketahui Sebab dan Cara Mengatasinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."