Pengalaman Lizzo Meniup Suling Kristal Berusia Lebih dari 200 Tahun, Milik Presiden ke-4 AS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Penampilan Lizzo meniup suling kristal  berusia 220 tahun milik mantan Presiden James Madison. Foto: Instagram/@lizzobeeating

Penampilan Lizzo meniup suling kristal berusia 220 tahun milik mantan Presiden James Madison. Foto: Instagram/@lizzobeeating

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemberhentian tur penyanyi Lizzo di Capitol One Arena, Washington D.C. mencetak sejarah. Pelantun About Damn Time itu menjadi orang pertama yang meniup suling kristal berusia lebih dari 200 tahun. Suling tersebut merupakan milik mantan Presiden Amerika Serikat (AS), James Madison, yang juga dikenal sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat.

Alat musik tiup itu dipinjamkan ke Lizzo oleh Perpustakaan Kongres atau Library of Congress. Walhasil, musisi asli Detroit itu menjadi orang pertama dan satu-satunya yang memainkan suling kristal kepresidenan tersebut, jelasnya kemudian dalam cuitan di Twitter.

Di Instagramnya, pada Rabu, 28 September 2022, Lizzo membagikan dua video saat menerima, lalu meniup suling pusaka itu. "Ini kristal, seperti bermain dari gelas anggur, b****, jadi bersabarlah," kata Lizzo dalam video saat dia diberikan suling dan bersiap untuk meniup.

Setelah memainkan beberapa nada bergetar dan mengikuti irama, Lizzo tampak kagum dan berterima kasih kepada Library of Congress karena mengizinkannya memainkan instrumen itu.

"B****, aku baru saja twerked dan memainkan suling kristal James Madison dari tahun 1800-an. Kami baru saja membuat sejarah malam ini!" katanya dalam video Instagram-nya. "Terima kasih kepada Perpustakaan Kongres yang telah melestarikan sejarah kita dan membuat sejarah f*** keren! Sejarah itu keren------- keren, kalian!"

Situs web Library of Congress menyatakan bahwa suling kristal — salah satu dari sekitar 20 seruling kaca yang dibuat oleh pabrikan dan penemu Prancis Claude Laurent pada awal abad ke-19 — dibuat khusus sebagai hadiah untuk James Madison, Presiden keempat Amerika Serikat, untuk pelantikannya yang kedua pada bulan Maret 1813.

"Kacanya ditata sedemikian rupa sehingga Laurent tampaknya telah disediakan untuk tokoh-tokoh tersohor," tulis unggahan di blog Library of Congress 2018. "Dan sambungan peraknya diukir dengan nama dan gelar James Madison dan tahun pembuatan seruling: 1813."

Suling Madison rupanya diturunkan ke John Payne Todd, istri Madison, putra Dolley Madison dari pernikahan pertamanya, sekitar tahun 1800-an dan akhirnya dijual ke Dayton C. Miller, fisikawan dan kolektor instrumen Ohio pada awal abad ke-20. Dia menjual koleksi instrumennya ke Library of Congress pada tahun 1941, situs web LoC membaca.

Library of Congress mengindikasikan dalam sebuah cuitan di Twitter pada Selasa malam, 27 September 2022, bahwa mereka akan segera membagikan lebih banyak detail tentang kunjungan Lizzo.

PEOPLE | PAGE SIX

Baca juga: Dikenal Banyak Orang, Lizzo Ungkap Perubahan yang Dirasakannya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."