4 Aktivitas Me Time Buat Ibu di Rumah, Waktunya Rileks

Ilustrasi memasak. Unsplash.com/Jason Briscoe

ragam

4 Aktivitas Me Time Buat Ibu di Rumah, Waktunya Rileks

Minggu, 12 Juli 2020 11:12 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama pandemi Covid-19 terjadi sejak Maret 2020, ibu harus bekerja ekstra keras. Ibu rumah tangga tetap melakukan segala pekerjaan di rumah, menjadi guru pelajaran sekolah bagi anak-anak, dan asisten suami yang bekerja di rumah.

Ibu bekerja juga begitu. Menggarap tugas dari kantor, mendampingi anak belajar, dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Ibu memikul tugas dan tanggung jawab yang begitu besar saat pandemi Covid-19.

Supaya para ibu tidak kelewat terbebani dengan beragam tugas tadi, ada baiknya meluangkan waktu untuk rehat sejenak atau mengambil me time. Aktivitas me time bisa dilakukan saat jeda melakukan pekerjaan atau pada akhir pekan.

Sebelum menjalani me time, sampaikan kepada suami dan anak-anak yang sudah agak besar agar tidak mengganggu. Siapkan ruangan dan waktu yang kondusif agar me time maksimal. Dan satu lagi yang penting, fokus pada diri sendiri. Lupakan soal cucian, rumah yang berantakan, dan sebagainya.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan para ibu saat me time dari Greenfields:

  1. Yoga

    Yoga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Tak perlu terlalu lama, 15 minute melakukan gerakan Yoga cukup untuk membuat tubuh rileks, mengurangi stress, menenangkan saraf, dan membantu ibu tidur lebih nyenyak.

  2. Membaca buku

    Membaca buku adalah cara terbaik untuk menenangkan diri dalam siatuasi apapun. Buku yang dibaca juga bisa apa saja, asalkan sesuai dengan selera ibu. Sebuah studi menyampaikan membaca buku mampu menenangkan diri lebih baik dari berjalan dan mendengarkan musik.

  3. Memanjakan diri

    Memanjakan diri tak harus selalu pergi ke salon. Ibu bisa tetap memanjakan diri selama berada di rumah saja. Mandi misalkan, itu adalah salah satu cara perempuan memanjakan diri. Keramas, mengusapkan sabun wangi ke seluruh tubuh, dan merasakan kesegarannya. Ibu juga dapat memanjakan diri dengan memakai masker. Ada banyak jenis masker yang bikin ibu tak perlu repot meracik dan membersihkan.

  4. Memasak

    Memasak juga bisa menjadi salah satu cara pelepas stress bagi ibu. Jika ingin me time di dapur, sampaikan kepada suami dan anak-anak agar jangan mengganggu selama ibu berkreasi di dapur. Mereka nanti tinggal mencoba hasilnya. Yang jelas, masaklah makanan yang sehat dan lezat. Dari makananlah sumber energi dan daya tahan tubuh keluarga tetap terjaga.