Berikut Perbedaan Foundation Dewy dan Matte

Ilustrasi wanita menggunakan foundation makeup. Freepik.com

kecantikan

Berikut Perbedaan Foundation Dewy dan Matte

Kamis, 15 September 2022 13:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di antara banyak pilihan alas bedak atau foundation, foundation dewy dan matte berada di pilihan teratas banyak perempuan. Saat diaplikasikan ke wajah, foundation dewy ataupun matte memberikan hasil berbeda di wajah. Foundation dewy membuat kulit Anda berkilau, sedangkan foundation matte tidak.

Apalagi beda kedua jenis foundation tersebut? Simak pemaparan dari Joyce Platon, penata rias profesional yang berbasis di Los Angeles, California, Amerika Serikat, berikut ini.

Foundation Dewy

Foundation berkilau atau dewy biasanya dalam formula cair yang lebih tipis, dan cenderung memiliki minyak penghidrasi dan humektan di dalamnya untuk membantu mengatasi kekeringan. Banyak foundation dewy juga mengandung partikel pemantul cahaya yang menambah efek pancarannya.

Kelebihan:

1. Menambahkan cahaya yang bagus dan sehat pada kulit wajah2. Lebih mudah dibaurkan karena biasanya ringan3. Melembapkan untuk jenis kulit kering

Kekurangan:

1. Tidak menawarkan banyak cakupan untuk mereka yang berjerawat atau hiperpigmentasi2. Lebih cepat luntur daripada alas bedak matte3. Dapat terlihat berminyak pada kulit berminyak4. Dapat menekankan tekstur apa pun pada kulit, karena kilau tambahan akan menarik perhatiannya

Foundation Matte

Foundation matte hadir dalam berbagai bentuk termasuk bubuk, krim, dan cair. Terlepas dari jenis apa yang Anda kenakan, foundation matte biasanya akan memberi Anda lebih banyak cakupan daripada foundation dewy, dan tidak ada kilaunya.

Kelebihan:

1. Melapisi wajah lebih baik2. Waktu pakai lebih lama3. Lebih baik untuk kulit bertekstur, pori-pori besar4. Bebas minyak, yang baik untuk kulit berminyak atau berjerawat

Kekurangan:

1. Dapat terlihat kering, terutama pada kulit yang sudah kering atau bersisik2. Lebih sulit dibaurkan daripada foundation dewy3. Bisa terlihat berat dan kurang natural4. Dapat meninggalkan garis-garis halus atau lipatan pada kulit dewasa

Dengan segala kekurangan dan kelebihan kedua foundation, Platon menyarankan jika Anda memiliki kulit lebih berminyak memakai foundation matte.

"Jika Anda memiliki kulit berminyak, lewati bedak tabur sama sekali dan foundation matte Anda akan mulai tampak lebih dewy saat minyak alami Anda mulai keluar,” jelasnya.

Jika Anda memiliki kulit kering, foundation dewy bisa jadi pilihan. Namun, Platon tak menyarankan mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Ia merekomendasikan mengaplikasikan ke area utama seperti pipi dan bagian tengah wajah.

PUREWOW

Baca juga: 4 Langkah Memakai Foundation bagi Pemula

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika