Hindari 4 Hal Ini saat Olahraga agar Hasil Optimal dan Tidak Cedera

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita siap olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita siap olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa hal yang wajib dihindari saat olahraga demi mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, menurut pelatih bersertifikat sekaligus kepala instruktur di Alo, Louis Chandler, menjauhi sejumlah larangan tersebut juga baik untuk mencegah cedera.

Apa saja itu? Berikut empat larangan saat berolahraga yang dihimpun dari pendapat beberapa para pakar, termasuk Chandler.

1. Melewatkan Pemanasan

"Sangat penting sebelum olahraga diawali dengan pemanasan untuk menghangatkan seluruh tubuh Anda," kata Chandler. Jika Anda melewatkan pemanasan dan langsung berolahraga bisa risiko besar alami cedera, yang pada akhirnya mengganggu rutinitas latihan Anda di masa depan.

"Tubuh yang kencang lebih rentan cedera, jika Anda mencoba menggerakkannya terlalu cepat atau mengangkat terlalu berat tanpa persiapan otot," kata Katie Merrick, Pelatih Pribadi Gold's Gym, NCSF, sebelumnya kepada Well+Good.

"Saya suka membandingkannya dengan balon baru. Lebih sulit untuk segera mulai menggembungkan balon. Jika Anda meregangkan dan menggerakkannya dengan baik terlebih dahulu, itu akan lebih mudah mengembang. Tubuh kita sangat mirip seperti itu."

Jika Anda tidak yakin apa yang perlu Anda capai dalam pemanasan, aturan umumnya adalah mengaktifkan kelompok otot yang Anda rencanakan untuk digunakan, meningkatkan suhu tubuh Anda, dan memobilisasi sendi Anda.

Misalnya, jika Anda akan berlari, cobalah memasukkan gerakan seperti squat, lunge samping, lutut tinggi, dan tendangan bokong ke dalam pemanasan Anda. 

2. Berolahraga tanpa Rencana

"Saya selalu suka memiliki rencana saat memulai latihan karena membantu saya menciptakan konsistensi dengan tujuan saya," kata Chandler. Memiliki rencana permainan adalah komponen kunci untuk benar-benar menikmati waktu latihan Anda.

3. Berolahraga tanpa Bahan Bakar yang Tepat

“Ketika berbicara tentang makanan sebelum berolahraga, saya biasanya merekomendasikan makan camilan kecil sekitar satu jam sebelum berolahraga untuk meningkatkan energi, kinerja, dan kejernihan mental saat berolahraga,” Tamanna Singh, ahli jantung klinis.

Kombinasi karbohidrat dan protein akan memanjakan Anda sebelum berolahraga, jadi cobalah makan sesuatu seperti roti panggang selai kacang atau sandwich salad ayam.

4. Latihan yang Terlalu Rumit

"Melebih-lebihkan olahraga Anda dengan latihan yang belum pernah Anda latih sebelumnya berarti satu langkah lebih dekat untuk cedera," katanya. "Selalu kerjakan latihan baru dengan pelatih, atau beban dan pita yang sangat ringan, untuk membangun bentuk." Ingat: Gerakan empat besar yang paling dasar—squat, push-up, pull-up, dan deadlift—dapat membantu Anda mendapatkan banyak kekuatan. 

Baca juga: Mengenal Olahraga Low Impact, Lebih Sedikit Tekanan pada Persendian

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."