Rutinitas Pagi Atalia Praratya, Salat Subuh di Masjid dan Beberes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya mengenakan Batik Tasikmalaya saat membuka Fashionality by APPMI di Bandung, Rabu, 24 Agustus 2022. Foto: Cantika/Ecka Pramita

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya mengenakan Batik Tasikmalaya saat membuka Fashionality by APPMI di Bandung, Rabu, 24 Agustus 2022. Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas pagi istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya diawali dengan salat subuh di masjid. Hal itu ia ungkap saat berbincang dengan Indy Rahmawati, moderator, pembawa acara sekaligus jurnalis, dalam Ngos-Ngosan Podcast "Sehari 24 Jam, Cukup Engga Buat Bu Atalia Istri Ridwan Kamil?" yang diunggah di kanal Youtube Indy Stories, pada 31 Agustus 2022. Menurut Atalia, lokasi kediaman yang berdekatan dengan masjid salah satu impian Atalia. 

"Saya bangun pagi, rata-rata (pukul) setengah lima. Sebelum azan subuh harus udah bangun, trus saya ke mesjid tuh," katanya.

"Dulu tuh, saya punya mimpi ya Allah aku pengen punya rumah deket sama masjid. Karena rumah saya waktu itu jauh dari masjid," ujar perempuan dan keluarganya yang kini tinggal di Gedung Pakuan, Jawa Barat.

"Sama Allah dikasih meskipun bukan rumah pribadi, waktu zaman pendopo masih wali kota. Jalan dikit dah langsung masjid Agung, tapi itu aja berat karena nyebrang. Saya bilang teh 'Ya Allah doaku' alesan. Sama Allah dikasih di dalamnya ada masjid. Makanya saya bilang (ke diri sendiri) gak boleh ada alasan gak (salat) ke masjid lagi karena itu doa saya," tutur Ketua Dekranasda Jawa Barat itu.

(dari kanan) Atalia Praratya berbincang dengan Indy Rahmawati. Foto: Tangkap layar Youtube/Indy Stories

Atalia selalu menyempatkan salat subuh ke masjid. Setelah itu, Atalia beberes rumah. Ia mengaku beberes adalah hobinya. Baru di pukul 8 atau 9 pagi, Atalia melakukan kunjungan ke berbagai tempat sesuai agendanya hari itu. 

"Keliling-keliling tuh, gak pulang-pulang, biasanya ampe sore," kata perempuan yang tengah menyelesaikan disertasinya di jurusan komunikasi di suatu universitas di Bandung.

Atalia juga mengungkapkan bahwa ia punya kesepakatan dengan anak-anaknya soal waktu berkegiatan. Atalia tak berkegiatan di luar rumah setelah waktu Maghrib. 

"Sesibuk apa pun, malam itu saya gak mau untuk orang lain. Dari jam 8 (pagi) ampe sebelum Maghrib oke itu gak ada di rumah, itu gak masalah. Tapi Maghrib saya ada di sini untuk keluarga. Apakah saya dengan Kang Emil, lagi seneng nata rumah atau ngedesain, atau saya nemenin teteh Zahra, yang lagi seneng ngelukis, cerita tentang masa depannya, apalagi Arka," imbuh perempuan 48 tahun itu.

Sebagai informasi, Atalia Praratya dan Ridwan Kamil memiliki tiga anak, yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Camillia Laetitia Azzahra, dan Arkana Aidan Misbach. Eril meninggal setelah hanyut terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss saat berenang bersama adiknya, Zara dan temannya pada Kamis, 26 Mei 2022. Jenazah Eril ditemukan Kepolisian Bern, Swiss pada Rabu pagi, 8 Juni 2022 dan dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin, 13 Juni 2022.

Baca juga: Merindukan Putra Tercinta, Atalia Praratya: Iya, Kami Sedekat Itu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."