Kondisioner Wajib Dipakai bagi Pemilik Rambut Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keramas. aolcdn.com

Ilustrasi keramas. aolcdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kondisioner salah satu produk perawatan rambut yang berfungsi membuat rambut lebih lembap, lembut, mudah diatur serta melindungi batang rambut dari kerusakan. Menurut ahli dermatologi, dr. Kardiana Dewi, pemilik rambut kering membutuhkan kondisioner. Sebab, penggunaan sampo membuat sebum di kepala hilang.

Kebanyakan sampo juga menggunakan bahan kimia yang kasar pada folikel rambut, sehingga rambut yang baru dicuci bisa menjadi kering, kusam, dan sulit ditata.

"Pada prinsipnya kalau tipe rambut kering pasti butuh kondisioner. Cuma pemakaiannya suka enggak pas kayak sampai ke kulit kepala padahal kan harusnya di batang rambut aja," ujar dr. Kardiana dalam media gathering "Saturjoy-Saturday bersama lavojoy" di Jakarta, Sabtu, 28 Agustus 2022.

Selain rambut kering, rambut yang sering ditata dengan alat panas, dikeriting atau diwarnai juga perlu menggunakan kondisioner.

Di sisi lain, dr. Kardiana mengingatkan orang yang setiap hari mencuci rambut atau keramas tidak perlu memakai kondisioner setiap hari.

Perlu diperhatikan juga, penggunaan kondisioner yang tepat. Sebab jika kondisioner menyentuh kulit kepala akan membuat rambut terlihat lepek. Sebabnya, kondisioner digunakan setelah sampo, sehingga air saja tidak cukup untuk membersihkan sisa sampo yang menempel di kulit kepala.

"Kondisioner di batang rambut saja, jangan sampai ke kulit kepala karena nanti lepek. Soalnya di kulit kepala ada folikel rambut yang punya sebum, bayangkan jutaan sebum atau minyak dari rambut terus ditambah lagi kondisioner yang nempel di kulit kepala," katanya.

Memilih kondisioner tidak bisa sembarangan dan harus disesuaikan dengan jenis dan rutinitas penataan rambut. Rambut dengan tekstur yang berbeda akan membutuhkan bahan yang berbeda untuk merawatnya dengan baik. Rambut yang sering dikeringkan dengan hair dryer setiap hari atau sering diwarnai juga membutuhkan kelembapan ekstra.

Baca juga: Begini Cara Mencuci Rambut dan Memakai Kondisioner yang Tepat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."