10 Cara Merawat Rambut Kering dengan Mudah, Mulai dari Makanan Sehat

Ilustrasi wanita dengan gaya rambut sanggul atau bun atas. Freepik.com/Nakaridore

kesehatan

10 Cara Merawat Rambut Kering dengan Mudah, Mulai dari Makanan Sehat

Minggu, 21 Februari 2021 11:59 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaRambut yang sehat, lembut, dan bercahaya adalah impian semua perempuan. Namun dengan perawatan yang salah serta penataan rambut yang banyak menggunakan panas dan zat kimia rambut akan menjadi kering dan sulit ditata. Ada beberapa cara merawat rambut kering agar bisa kembali sehat.

Berikut deretan tips untuk merawat rambut kering: 

1. Beri asupan vitamin yang cukup bagi rambut. 

Rambut memerlukan nutrisi dari vitamin untuk bisa tumbuh dengan sehat. Vitamin A, vitamin C, biotin (kadang disebut sebagai vitamin H), berkontribusi bagi rambut yang sehat. Selain vitamin, rambu juga membutuhkan protein dan zinc. Kekurangan protein akan membuat rambut menjadi lemah, rapuh, dan kehilangan warna. Sementara kekurangan zinc bisa membuat rambut rontok.

Sumber protein baik:

  • daging tanpa lemak
  • unggas
  • ikan
  • kacang polong
  • produk susu rendah lemak
  • telur

Sumber zinc:

  • Sayuran
  • buah-buahan
  • air

2. Omega-3s dan antioksidan penting bagi kesehatan rambut

Protein dari hewan laut bisa menjaga rambut agar tidak menipis dan membuatnya terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil yang serupa tanpa mengonsumsi suplemen, kamu bisa mengonsumsi salmon, tiram, ikan kembung, tuna, dan sarden.

Selain itu, untuk mendapatkan rambut yang sehat kita juga perlu asupan antioksidan. 

3. Jangan keramas setiap hari

Sampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi juga menghilangkan sebum rambut. Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat. Jumlah sebum yang tepat akan membuat rambut berkilau, tapi jika terlalu banyak akan membuat penampilan rambut menjadi berminyak.

Rambut yang kering hanya perlu dicuci setiap dua hari sekali. Kalau kamu terpaksa mencuci rambut sehari sekali, gunakan sampo khusus untuk rambut kering.

4. Bungkus rambut setelah keramas

Jika rambut kamu rapuh dan sulit ditata setelah keramas, bisa jadi ini karena rambut telah kehilangan terlalu banyak kelembapan selama proses pengeringan. Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah keramas

5. Gunakan sarung bantal sutra 

Jika Anda tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra agar kelembapan rambut tidak terserap ke bantal. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 mengamati bahwa ada kerusakan yang sebanding dengan pengeringan rambut, jika kamu membiarkan rambut basah untuk jangka waktu yang lama.

6. Hindari penataan rambut dengan panas tinggi

Mencatok, mengeriting, hingga mengeringkan rambut dengan udara panas tinggi yang dilakukan selama bertahun-tahun bisa menjadi salah satu penyebab rambut kering. 

Jika tetap harus menggunakan pengering rambut, pastikan beri jarak sekitar 15 cm antara rambut dan pengering. 

7. Mandi dan keramas dengan air dingin

Air panas yang digunakan untuk membilas tubuh saat mandi juga bisa membuat rambut panas. Mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan membuat rambut tumbuh lebih cepat salah satunya. Setelah keramas dan memakai kondisioner, bilas rambut dengan suhu air yang lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai rambut dan menyegarkan kulit kepala.

8. Gunakan minyak esensial

Minyak argan Maroko adalah salah satu yang populer digunakan sebagai cara merawat rambut kering. Beberapa tetes minyak argan di ujung rambut Anda dapat memberikan tampilan yang lebih halus. Minyak esensial lain, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan.

9. Kenakan topi saat berada di luar rumah

Sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut. Jika kamu memiliki rambut kering, batasi paparan sinar ini pada rambut. Kenakan topi saat beraktivitas sehari-hari, dan hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya pada rambut untuk membantu memperbaiki kerusakan rambut akibat sinar matahari. 

10. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang mampu mengisi celah di helai rambut. Minyak kelapa bisa menjadi pilihan untuk perawatan deep-conditioning. Kamu bisa melakukan teknik ini seminggu sekali. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Mulailah dengan rambut kering dan minyak kelapa dengan suhu ruangan.
  • Gosokkan sedikit minyak kelapa di antara telapak tangan sebelum mengaplikasikannya. Fokus pada ujung, mahkota kepala, dan akar rambut Anda.
  • Biarkan selama sekitar 20 menit.
  • Bilas sampai bersih.

Itu tadi cara merawat rambut kering agar kembali sehat. Jika rambut kamu terlalu kering terutama di bagian ujung, kamu bisa melakukan trim. Selanjutnya lakukan perawatan dengan benar agar keindahan rambutmu tetap terjaga. 

Baca juga: Makanan Sehari-hari yang Membuat Rambut Sehat dan Lebat, Ada Bayam dan Labu