8 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencuci rambut atau keramas sudah menjadi bagian dari rutinitas mandi. Tapi ternyata, mencuci rambut tak semudah membasahi rambut, mengaplikasikan sampo, pijat rambut, dan membilas. Ada sejumlah langkah yang kerap diabaikan sehingga hasilnya tak maksimal dalam merawat rambut. 

Berikut beberapa kesalahan umum saat mencuci rambut yang tak disadari

1. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Rambut segar dan bersih memang membuat diri sendiri nyaman. Tapi, sering mencuci rambut bisa berbahaya bagi rambut Anda, karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan membuat rambut menjadi kering.

Sering mencuci rambut juga dapat menyebabkan ujung rambut terbelah. Jangan mencuci rambut setiap hari. Beri jarak sekitar 2 hari, tetapi jangan sampai lebih dari 5 hari.

2. Sering Berganti Sampo

Sering kali Anda mengganti sampo karena sudah tidak lagi merasakan manfaat dari sampo tersebut. Anda tidak perlu melakukan hal itu, kecuali Anda juga mengubah rutinitas perawatan rambut.

Misalnya, jika Anda telah mewarnai rambut, maka Anda perlu beralih ke sampo yang ideal untuk rambut yang diwarnai.

3. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner adalah langkah terakhir yang paling penting dari mencuci rambut. Jika Anda melewatkan langkah ini, dapat menyebabkan kerusakan rambut. Kondisioner menghaluskan kutikula rambut dan membuatnya menjadi halus.

Setelah mencuci rambut, oleskan kondisioner pada bagian bawah rambut Anda, diamkan selama beberapa menit lalu bilas.

4. Memakai Kondisioner di Kulit Kepala

Kondisioner memang baik untuk rambut, namun tidak untuk kulit kepala Anda. Zat kimia yang terkandung dalam kondisioner membuat akar rambut rusak dan menyebabkan rontok hingga kerusakan rambut. Selalu aplikasikan kondisioner dari rambut bagian tengah ke ujung.

5. Mencuci Rambut Hanya Sekali

Segera mulai membiasakan diri untuk keramas sebanyak dua kali. Cuci rambut Anda sampai bersih, bilas dan ulangi. Keramas yang pertama akan membilas lapisan debu dan kotoran. Keramas yang kedua akan memberi pembersihan menyeluruh untuk rambut.

6. Menggunakan Air Hangat

Mandi air hangat mampu menghilangkan semua stres dan membuat kita rileks. Namun itu tidak baik untuk rambut. Air hangat dapat mengelupas minyak alami yang ada pada rambut, sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan dehidrasi. Hal ini juga akan membuat rambut Anda rentan terhadap kerusakan dan ujung rambut yang bercabang.

7. Bilas Rambut Sebelum Dicuci

Hal pertama yang kita lakukan saat mandi adalah membasahi rambut dan langsung menggunakan sampo. Berhentilah melakukan hal tersebut. Diperlukan waktu setidaknya 30 detik untuk membilas rambut Anda secara menyeluruh sebelum mengaplikasikan sampo. Hal itu memungkinkan untuk membersihkan kotoran menumpuk yang ada di rambut dengan lebih baik.

8. Mengeringkan Rambut Berlebihan

Setelah selesai membilas sampo dan kondisioner, biasanya kita mengambil handuk dan langsung menggosok untuk mengeringkan rambut. Hal ini dapat merusak rambut, membuatnya keriting, dan menyebabkan ujung rambut bercabang. Peras dengan lembut sisa air dari rambut dan biarkan rambut Anda kering secara alami.

 

ALFI SALIMA PUTERI | BOLDSKY

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."