Begini Cara Mencuci Rambut dan Memakai Kondisioner yang Tepat

kecantikan

Begini Cara Mencuci Rambut dan Memakai Kondisioner yang Tepat

Selasa, 13 Agustus 2019 19:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencuci rambut merupakan bagian penting dalam merawat kesehatan rambut. Bila Anda kerap melakukan kesalahan dalam proses mencuci atau penggunaan produk rambut secara berlebihan, bisa berefek pada kondisi rambut itu sendiri. Salah satu kekeliruan yang kerap dilakukan adalah penggunaan produk rambut, contohnya kondisioner.

 “Ketika mencuci rambut klien, kesalahan pertama yang sering saya lihat adalah mereka menempatkan kondisioner di tempat yang salah,” jelas Dana Hodges Caschetta, pelatih nasional Eufora International dan penata gaya di salon Eufora, Kota New York seperti dilansir dari laman Well + Good.

“Ada kekeliruan umum bahwa Anda harus memakai kondisioner langsung pada kulit kepala. Padahal itu dapat menyebabkan rambut rontok, penumpukan produk, dan bahkan memicu ketombe — yang tidak diinginkan siapa pun.”

Ketika Anda memakai kondisioner dengan cara seperti itu, produk cenderung meluncur ke bagian belakang kulit kepala, sehingga membuat rambut yang baru dicuci jadi kotor kembali.

Jika Anda sering merasa rambut kotor di tempat-tempat khusus ini – terutama di tengkuk atau bagian belakang kulit kepala Anda — itu adalah tanda bahwa Anda tidak mencuci rambut dengan benar. Untuk mengatasinya, cari produk yang larut dalam air, tetapi tidak menambahkan air atau bahan buatan di dalamnya. Sebab hal itu bisa mendorong timbulnya penumpukan kotoran baru.

Saat keramas, pastikan sampo menutupi rambut Anda secara merata. Jika tidak, akan terjadi semacam penumpukan minyak. Bila itu terjadi, ulangi proses sampo dan bilas sampai bersih.

Ketika memakai kondisioner, “Mulailah memakai kondisioner dari ujung rambut ke tengah, baru kemudian naik ke atas. Cara ini dilakukan agar menghindari penumpukan produk yang memicu ketombe dan pemakaian merata di setiap helai rambut,” tukas Caschetta.