Djakarta Festival 2022 Digelar Akhir Pekan Ini, Libatkan 300 IKM dan UMKM

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Poster Djakarta Festival 2022. Foto: Instagram/@kadindkijakarta

Poster Djakarta Festival 2022. Foto: Instagram/@kadindkijakarta

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau KADIN DKI Jakarta  menggelar Djakarta Festival 2022 pada akhir pekan ini, 26-28 Agustus 2022. Festival tersebut melibatkan 300 industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), termasuk usaha yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

"KADIN DKI Jakarta sebagai pihak penyelenggara bertujuan untuk mengukuhkan komitmen antarpemangku kepentingan agar berpihak dan berkolaborasi bersama dalam mengangkat kembali IKM dan UMKM DKI Jakarta, khususnya setelah dilanda pandemi COVID-19,” kata Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi dalam pernyataannya, Rabu, 24 Agustus 2022.

Cakupan IKM dan UMKM yang terlibat mulai dari kuliner, fashion, craft, dan technopreneur dengan produk yang telah lolos kurasi dari pihak penyelenggara meliputi izin usaha, model kemasan, jumlah kapasitas produksi per hari, serta portfolio yang dimiliki.

Beberapa produk yang dipasarkan pada Djakarta Festival antara lain tas bahan rajutan, kreasi dari batik tenun. Para IKM dan UMKM ini mendapat stan (tenda, meja, kursi, listrik) pada kegiatan Djakarta Festival secara gratis.

"Konsep besar Djakarta Festival dalam kegiatan ini adalah nobody left behind. Artinya, semua lapisan diajak berkolaborasi terlibat. KADIN DKI Jakarta ingin melakukan tindakan nyata supaya UMKM milik disabilitas bisa sejajar dengan UMKM lainnya. Keterlibatan disabilitas sebagai bagian dari masyarakat ini berdampingan dengan pilar lainnya yakni pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat umum," katanya.

KADIN DKI Jakarta mempunyai komitmen penuh terhadap pendampingan UMKM untuk terus naik kelas hingga bisa go digital, go global menembus pasar Ekspor. Diana Dewi berharap penyelenggaraan Djakarta Festival dapat berjalan dengan lancar, memberikan manfaat kepada peserta UMKM. dan membuat masyarakat bangga untuk menggunakan produk anak bangsa.

"Semoga Djakarta Festival yang merupakan bagian dari program kerja KADIN DKI Jakarta ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Menjadi pembangkit semangat promosi produk dalam negeri agar bangga dengan buatan Indonesia. Dampak selanjutnya adalah meningkatkan lapangan kerja dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional pascaCOVID," kata Diana.

Djakarta Festival 2022 terbuka untuk umum secara gratis, namun pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan dan sudah mendapat vaksinasi COVID-19. Bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin booster atau dosis ketiga, stan vaksin juga tersedia secara gratis di Djakarta Festival.

Baca juga: Rayakan Hari UMKM, Sederet Brand Lokal Ini Rilis Sustainability Collection

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."