3 Kelompok Otot Ini Turut Aktif Bekerja saat Berjalan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com/Katemangostar

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com/Katemangostar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat berjalan mungkin terasa semudah bernapas bagi Anda. Pada kenyataannya, pola gerakannya cukup rumit dan banyak kelompok otot yang bekerja daripada yang mungkin Anda pikirkan. Setiap siklus berjalan terdiri dari dua siklus mini, yaitu "sikap" dan "ayunan", menurut American Bone Health, sebuah organisasi untuk Pendidikan dan Kesadaran Osteoporosis.

Selama fase berdiri berjalan, tumit Anda menyentuh tanah, seluruh kaki menyentuh ke bawah, beban bergerak ke bola kaki, dan jempol kaki mulai mendorong Anda dari tanah. Fase ayunan kemudian mempercepat gerakan tumit ke depan sebelum membantu Anda meletakkan tumit dengan hati-hati ke bawah untuk langkah berikutnya.

Di siklus tersebut, begitu banyak otot kaki Anda bekerja keras—dan bukan hanya otot yang terlihat jelas. "Semua orang berpikir berjalan sebagai tubuh bagian bawah, latihan kaki. Dan Anda pasti melatih otot-otot kaki Anda — paha depan, paha belakang, betis, dan glutes Anda," kata pelatih berjalan dan pelatih bersertifikat ACE, Michele Stanten,

Faktanya, ketika kita sedikit memperhatikan setiap langkah saat jalan kaki adalah latihan seluruh tubuh, tak hanya kaki. Stanten menyebutkan tiga kelompok otot tak terduga yang Anda latih saat berjalan.

1. Tibialis anterior

Otot tibialis anterior berjalan di sepanjang bagian luar tibia atau tulang kering. "Ketika kita hanya berjalan dengan kecepatan yang biasa dan tidak menantang diri kita sendiri, kita tidak menyadari otot itu," Stanten menjelaskan.

Setelah berjalan lama dan menantang, tibialis anterior kemungkinan akan merasa lelah, sensasi yang mudah disalahartikan sebagai nyeri tulang kering.

"Otot ini bertanggung jawab untuk menarik jari-jari kaki ke atas. Jadi, ketika Anda mengayunkan kaki ke depan dan mendarat dengan tumit, jari-jari kaki terangkat, dan otot tulang kering itu bekerja. Semakin cepat Anda berjalan, semakin banyak langkah yang Anda ambil, dan semakin sulit ia bekerja," kata Stanten.

2. Otot perut

Saat Anda berjalan, bagian tengah tubuh Anda harus menahan tubuh agar tetap tegak dan itu membutuhkan keterlibatan otot yang serius. Menurut Stanten, stabilisator tulang belakang, erector spinae, multifidus, dan quadratus lumborum (QL), yang merupakan otot punggung dan panggul, bekerja keras saat Anda berjalan.

"Kelompok otot tersebu benar-benar mendukung tubuh Anda," katanya.

"Saat Anda menambah kecepatan dengan berjalan, Anda mulai mendapatkan beberapa putaran pinggul. Jadi ada sedikit rotasi dengan berjalan. Otot perut juga bekerja dalam kapasitas itu."

Dengan mengingat hal itu, Anda dapat memberi sedikit lebih banyak perhatian untuk melibatkan bagian inti Anda saat Anda bergerak maju, terutama jika Anda menghadapi bukit besar, atau  menuruni bukit.

3. Otot punggung atas

Gerakan tangan saat berjalan melibatkan otot-otot punggung atas, termasuk rhomboids di belakang skapula). "Jika Anda menekuk lengan, mengayunkan lengan, dan mendorong siku ke belakang, Anda benar-benar mulai melatih otot-otot itu. Ayunan lengan yang kuat dan bagus dapat membantu menggerakkan jalan Anda," kata Stanten.

Ayunan lengan yang lebih disengaja akan membuat otot punggung Anda terasa kuat—jika sedikit lelah. Jad, berjalanlah dengan sedikit lebih banyak gerakan lengan dan lihat bagaimana perasaan Anda.

Baca juga: Latih Otot dan Tulang Anak dengan Olahraga 60 Menit Sehari

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."