8 Cara Menikmati Hal-Hal Kecil, dari Berkebun Hingga Menatap Bintang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi berkebun. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi berkebun. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika mungkin suka memikirkan hal-hal yang paling dinanti-nantikan. Misalnya saat akan wisuda, dapat pekerjaan baru yang menarik, promosi kerja, atau liburan tahunan.

Mengantisipasi peristiwa-peristiwa penting adalah hal yang wajar, namun mencurahkan seluruh energi Anda pada hal-hal penting ini dapat membuat Anda melewatkan bagian-bagian umum namun sama pentingnya dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Mengalihkan perhatian Anda ke momen-momen ini dan memberi diri Anda kesempatan untuk menikmatinya memungkinkan Anda menghadirkan lebih banyak kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan antara kegembiraan dan kebahagiaan terletak pada inti makna menikmati hal-hal kecil:

  • Kebahagiaan menggambarkan keadaan yang mungkin bergantung (setidaknya sedikit) pada apa yang terjadi di sekitar Anda. Jangan salah, kebahagiaan memang bisa Anda raih sendiri, namun kejadian di luar dan tindakan orang lain terkadang masih berdampak.
  • Joy atau suka cita, sebaliknya, menggambarkan perasaan yang bisa dibangkitkan dalam sekejap. Momen menyenangkan yang Anda kumpulkan setiap hari bertambah, menanamkan kepuasan dan kepuasan bahkan jika impian yang lebih besar tidak pernah terwujud.

Kiat-kiat di bawah ini menawarkan cara untuk menikmati hal-hal kecil setiap hari. Sebagian besar tidak memerlukan biaya sama sekali.

Setiap orang berhak mendapatkan sedikit kemewahan, seperti makanan enak di luar atau karangan bunga. Namun Anda tetap bisa menciptakan momen menyenangkan saat Anda tidak punya uang cadangan.

1. Pertama, berhenti menganggapnya klise

Anda mungkin sudah sering mendengar nasihat untuk “menikmati hal-hal kecil” sehingga kalimat ini menjadi hampir tidak ada artinya. Namun penelitian menunjukkan bahwa ungkapan kecil ini memiliki manfaat besar di baliknya.

Sebuah studi pada tahun 2012 menghubungkan apresiasi yang lebih besar dengan peningkatan kepuasan hidup dibandingkan dengan ciri kepribadian, rasa syukur, dan faktor demografi, seperti jenis kelamin, usia, dan etnis.

Meluangkan waktu untuk menghargai kesenangan yang diberikan dalam hidup, betapapun kecilnya, dapat meningkatkan kepuasan bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan Anda.

Mungkin Anda merasa sedikit sedih menjadi lajang, terutama ketika teman-teman mulai tinggal bersama pasangannya, mengumumkan pernikahan, atau memiliki anak.

Pada saat yang sama, Anda mungkin merasakan kegembiraan yang mendalam saat terbangun di tempat tidur milik Anda di rumah yang benar-benar sunyi, dengan satu hari yang dapat Anda habiskan untuk melakukan apa pun yang Anda suka.

Kebiasaan menghargai momen-momen kecil kesenangan dan kegembiraan yang muncul tanpa peringatan atau perencanaan sering kali berkontribusi lebih besar terhadap kebahagiaan abadi dibandingkan hari-hari besar yang jarang terjadi.

Emosi positif yang Anda alami saat menikmati kesenangan kecil dalam hidup dapat:

  • meningkatkan kesehatan jantung
  • memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda
  • mengurangi rasa sakit dan stres
  • mengarah pada umur yang lebih panjang

2. Bangun 15 menit lebih awal

Tip ini mungkin membuat Anda mengeluh, tapi teruskan dan coba saja. Berikan diri Anda tantangan ekstra dengan menargetkan waktu 30 menit lebih awal dari biasanya.

Anda mungkin merasa sedikit grogi, namun cobalah memperhatikan sensasi yang biasanya tidak sempat Anda alami. Dunia sering kali terasa berbeda di pagi hari, jadi keluarlah (atau berdirilah di dekat jendela yang terbuka) untuk menikmati minuman pagi pilihan Anda.

Daripada memusatkan perhatian pada hal-hal negatif, seperti kompleks apartemen Anda yang kumuh atau sampah di halaman tetangga Anda, perhatikan hal-hal positifnya. Mungkin kucing ramah yang datang menyapa, dinginnya udara pagi, atau fajar terakhir di langit yang cerah.

Bangun lebih awal juga berarti Anda tidak perlu terburu-buru menjalani pagi hari. Anggaplah 15 menit ini sebagai hadiah untuk diri Anda sendiri — cara untuk memulai hari Anda dengan kepuasan dan ketenangan.

3. Berjalan-jalan

Berjalan kaki adalah cara sederhana untuk keluar dari ruang biasa Anda dan menemukan kesenangan di alam.

Jalan-jalan dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan emosi positif melalui penambah suasana hati instan seperti sinar matahari dan udara segar. Hal ini juga dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan kreativitas saat Anda memperhatikan burung dan tanaman yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Jika Anda memiliki akses ke ruang alami yang luas seperti taman atau suaka margasatwa, bagus. Tetapi bahkan satu blok dengan beberapa pohon bagus atau rumput liar yang berbunga pun bisa melakukan pekerjaan itu.

Memperhatikan sekeliling Anda dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap pada saat ini dan memaksimalkan kesenangan berjalan-jalan. Cobalah mengajak orang yang Anda sayangi untuk membuatnya lebih menyenangkan.

Tidak ingin berjalan-jalan? Duduk di luar, di beranda atau di bawah pohon yang nyaman juga bisa menginspirasi ketenangan dan kebahagiaan.

4. Cobalah berkebun

Penelitian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa berkebun di rumah, khususnya berkebun sayur, dapat meningkatkan kesehatan emosional.

Menyiram bibit Anda dan melihatnya tumbuh menjadi tanaman berbunga atau berbuah bisa terasa sangat bermanfaat. Jika tanaman Anda menghasilkan sesuatu yang dapat dimakan, Anda dapat menikmati kembali pencapaian Anda dengan memakan sesuatu yang Anda tanam sendiri.

Menurut penelitian pada hewan tahun 2007, Mycobacterium vaccae, bakteri sehat yang hidup di kotoran, dapat membantu meningkatkan produksi serotonin di otak Anda. Serotonin dapat membantu meredakan suasana hati yang buruk atau cemas, sehingga Anda lebih mudah menikmati sesi berkebun.

5. Hubungi seseorang yang Anda sayangi

Di era koneksi digital ini, pesan teks sering kali mengalahkan panggilan telepon kuno sebagai metode komunikasi yang disukai.

Pesan teks tentu lebih cepat dan nyaman. Panggilan telepon yang berlangsung lama dapat menjadi tantangan ketika Anda memiliki hal lain yang harus dilakukan, atau tidak suka berbicara di telepon.

Namun suara orang yang dicintai adalah sebuah kesenangan kecil yang cenderung diabaikan oleh banyak orang.

Cobalah menyisihkan 10 atau 15 menit dalam sehari Anda untuk menelepon teman atau anggota keluarga. Mendengar mereka tertawa atau menceritakan kisah animasi dapat memberi Anda kegembiraan yang tidak dapat dibandingkan dengan pesan teks, tanpa nada suara.

Ingat, Anda bukan satu-satunya yang menikmati panggilan tersebut. Ini mungkin akan mencerahkan hari mereka juga.

6. Memanggang makanan

Orang sering kali terburu-buru saat makan, tetapi makanan bisa mendatangkan banyak kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Memanggang adalah salah satu cara untuk membuat dapur Anda menjadi tempat yang lebih menyenangkan.

Memanggang bukan sekadar cara menghasilkan makanan panggang yang lezat. Ini juga dapat membantu menenangkan kecemasan, depresi, stres, dan gejala kesehatan mental lainnya.

Ada juga jenis keajaiban tertentu yang terlibat dalam mencampurkan bahan-bahan dan menyaksikannya mengambil bentuk yang benar-benar berbeda.

Jika Anda pernah menguleni adonan dalam waktu yang sangat lama atau mengocok telur hingga menjadi pita, Anda pasti tahu bahwa memanggang juga bisa menjadi latihan kewaspadaan — kunci lain untuk menghargai momen-momen kecil dalam hidup yang terjadi.

Dengan internet yang penuh dengan resep untuk mengakomodasi kebutuhan diet apa pun, mengapa tidak mencobanya? Tindakan memanggang memang terbukti bermanfaat, tetapi Anda dapat menikmati jenis kenikmatan yang benar-benar berbeda setelah menguji rasa apa yang Anda buat.

7. Tersesat dalam buku

Jika Anda senang membaca, Anda mungkin sudah familiar dengan kegembiraan karena terserap oleh cerita yang memukau dan berteman dengan karakter baru.

Atau mungkin Anda seorang fanatik nonfiksi yang menyukai fakta, ungkapan lucu, atau argumen yang masuk akal.

Membaca dapat menggairahkan dan menginspirasi. Hal ini dapat memaparkan Anda pada perspektif berbeda dan mengalihkan perhatian Anda dari kekhawatiran. Terlebih lagi, membaca kisah kesusahan orang lain dapat memperbarui apresiasi terhadap kehidupan Anda sendiri.

Menurut survei tahun 2013 yang dilakukan oleh Booktrust, sebuah badan amal di Inggris yang mempromosikan membaca, pembaca setia cenderung:

  • mempunyai kepuasan hidup yang lebih besar
  • melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi
  • percaya hidup mereka berharga

Buku audio menawarkan alternatif yang bagus untuk buku fisik jika Anda tidak dapat menjadikan membaca sebagai kebiasaan rutin karena alasan apa pun.

8. Melihat bintang

Jadi bintang adalah benda yang sangat besar, bukan benda kecil. Namun, meluangkan beberapa menit di malam hari untuk keluar dan melihat ke atas adalah tindakan kecil yang dapat menimbulkan rasa kagum dan gembira.

Anda tidak perlu menjadi astronom untuk mengapresiasi keindahan langit malam. Catat konstelasi apa pun yang Anda kenali, dan coba temukan beberapa konstelasi baru.

Menurut penelitian tahun 2014 yang mengeksplorasi manfaat aktivitas alam di malam hari, para pengamat bintang melaporkan emosi positif seperti relaksasi dan keajaiban, serta rasa terhubung dengan alam.

Kesimpulan

Itulah tips untuk menikmati hari dengan hal sederhana. Mendorong diri Anda untuk menikmati hal-hal duniawi dan menyenangkan dapat membuat hidup Anda lebih kaya.

Daripada berpindah dari satu tujuan yang bermanfaat ke tujuan berikutnya, lihatlah kehidupan itu sendiri - dan semua kesenangan sederhana yang ditawarkannya - sebagai imbalannya.

Semoga bermanfaat, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Merencanakan Liburan Keluarga

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."