Dampingi Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Iriana Jokowi Pakai Kebaya Modern Pink

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Iriana Jokowi dampingi Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR, Selasa, 16 Agustus 2022. Foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

(dari kanan) Iriana Jokowi dampingi Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR, Selasa, 16 Agustus 2022. Foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu negara, Iriana Jokowi tampak mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi di sidang tahunan MPR yang digelar pada Selasa pagi, 16 Agustus 2022. Ibu tiga anak itu terlihat anggun dalam balutan kebaya modern warna pink.

Kebaya brokat tampak dilapisi bahan tile dan detail kristal atau bebatuan di bagian leher. Di bagian lengan kanan kebaya terdapat aksen selendang warna senada dan flowy. Kebaya panjang selutut tersebut dipadukan dengan kain batik cokelat. Ia juga memakai hijab warna senada baju.

Nenek lima cucu itu melengkapi penampilannya dengan memegang kipas batik coklat, clutch warna hitam andalannya yang kerap digunakan di beberapa acara kenegaraan, dan selop monokrom dengan detail hak stiletto.

Sementara Presiden Jokowi, seperti tahun-tahun sebelumnya, mengenakan busana adat daerah saat berpidato di Gedung Nusantara. Pada tahun ini, Presiden Jokowi memilih Baju Paksian asal Provinsi Bangka Belitung.

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif "pucuk rebung". Motif tersebut melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Kembali ke penampilan Iriana berkebaya, perempuan 58 tahun itu kerap memakai kebaya di berbagai kesempatan acara resmi di dalam maupun luar negeri. Contohnya, saat mendampingi Jokowi meresmikan Sarinah pada Juli silam, dan menemani Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G7 di Jerman, pada pertengahan tahun.

Baca juga: Temani Presiden Jokowi di KTT G7, Iriana Jokowi Anggun Pakai Kebaya Ungu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."