Temani Presiden Jokowi di KTT G7, Iriana Jokowi Anggun Pakai Kebaya Ungu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menemani Presiden Joko Widodo pertemuan bilateral di Jerman, Iriana Jokowi anggun mengenakan kebaya ungu/Foto: Instagram/Jokowi

Menemani Presiden Joko Widodo pertemuan bilateral di Jerman, Iriana Jokowi anggun mengenakan kebaya ungu/Foto: Instagram/Jokowi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menggelar pertemuan bilateral dengan lima pemimpin negara di dunia dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G7 di Jerman. Jokowi   sudah bergerak dari penginapan di Hotel Mandarin Oriental, Munich, menuju lokasi acara di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen, Bavaria, Senin, 27 Juni 2022.

"Presiden Jokowi juga diawalkan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara," demikian tertulis dalam keterangan resmi Istana, Senin, 27 Juni 2022.

Jokowi juga menyampaikan di laman Instagramnya, Senin 27 Juni 2022. "Cuaca musim panas yang cerah menyambut kedatangan kami di Munich, Jerman, hari Minggu pukul 18.40 Waktu Setempat. Kami disambut Menteri Urusan Eropa dan Internasional, Negara Bagian Bavaria Melanie Huml, juga sebaris pasukan berpakaian adat Bavaria."

"Kami beristirahat di hotel malam ini, seusai menempuh perjalanan selama 13 jam dari Tanah Air dengan pesawat Garuda Indonesia. Besok, saya diagendakan mengikuti KTT G7 di Istana Elmau, Jerman," lanjutnya. 

Saat menemani suami tercinta, Iriana Jokowi mengenakan kebaya berbahan satin warna ungu dengan padanan selendang ungu dan kain motif batik warna senada. Kemudian untuk hijabnya, ibu tiga anak ini mengenakan scarf segi empat, aksesori brooch bentuk kupu-kupu, clutch bag batik dan highheels warna hitam. 

Sebagai informasi, G7 merupakan kelompok negara-negara maju yang beranggotakan Jerman, Prancis, Kanada, Italia, Jepang, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Uni Eropa juga masuk di dalamnya. Selain Indonesia, Jerman yang jadi Ketua KTT G7 juga mengundang Argentina, India, Senegal, dan Afrika Selatan. Seperti halnya Jokowi, para pemimpin negara ini sudah datang di Jerman sejak kemarin.

Adapun pemimpin negara yang akan bertemu Jokowi empat mata yaitu Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Indra Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sail, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dilaporkan bahwa Jokowi sempat bertemu dengan sejumlah pemimpin negara dan organisasi internasional. Selain bertemu Presiden Macky Sail, Jokowi juga bertemu Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgiva, dan Presiden Bank Dunia David Malpass.

Adapun pertemuan bilateral Jokwoi dan lima pemimpin negara tersebut dilakukan usai rangkaian KTT G7. Jokowi akan mengikuti penyambutan resmi oleh Olaf Scholz, sesi pertemuan, hingga jamuan makan malam. Jokowi hadir di KTT G7 mewakili Indonesia sebagai negara mitra di hari kedua. Sedangkan pada hari pertama kemarin, para pemimpin negara G7 sudah lebih dulu melakukan pertemuan dan mengumumkan kesepakatan yang mereka capai.

Salah satunya  G7  sepakat meluncurkan proyek pembiayaan infrastruktur global US$ 600 miliar bernama Partnership for Global Infrastructure and Investment selama lima tahun ke depan. Proyek ini diluncurkan untuk negara berkembang demi mengimbangi proyek infrasturktur Cina bernama Belt and Road Initiative.  "Saya ingin memperjelas, ini bukan bantuan, bukan dana amal. Ini investasi yang mengahasilkan timbal balik untuk semua orang," kata Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Ahad kemarin.

Baca: Presiden Jokowi Ulang Tahun Hari Ini, Kenali Karakternya Melalui Zodiak Gemini

FAJAR FEBRIANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."