Ratna Galih Bicara Soal Pernikahan: Penuh Tantangan dan Ujian

(dari kiri) Potret Ratna Galih dan suami, Sawkani, pulang haji 2022. Foto: Instagram/@ratnagalih

cinta

Ratna Galih Bicara Soal Pernikahan: Penuh Tantangan dan Ujian

Kamis, 4 Agustus 2022 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Ratna Galih bagikan soal nasihat pernikahan yang didapat dari guru pembimbingnya, ustad Syafiq Riza Basalamah. Menata ulang pernikahan atau redesign marriage jadi rumusnya. Menurutnya, nasihat singkat dan padat itu begitu membekas di hatinya. 

"InshaAllah Nasihatnya kami dengarkan dan challenge accepted: Set new goal which is AKHIRAT, Satukan misi dan visi, Fokus pada kewajiban masing2 bukan hak," tulisnya di keterangan foto berdua dengan suami, Sawkani, yang diunggah ke Instagram, pada Kamis, 4 Agustus 2022.

"Untuk paksu  semoga bisa lebih fokus kepada “kelebihan” istri yah (karna kami sadar kekurangan kami sungguh panjang list nya) tapi yakin lah para suami, kelebihan kami pun sangat banyak dan semoga bisa fokus pada kelebihan nya itu yah, tapi bukan kelebihan bobot berat badan loh," ungkap ibu lima anak itu.

Sebagai istri, ia mengungkapkan akan semakin fokus pada nikmat yang diupayakan oleh suami.

"Untuk Istri semoga bisa lebih Fokus kepada “NIKMAT” yang sudah paksu usahakan untuk kita karna kita ga pernah tau perjuang nya untuk itu betapa terkadang beban dan tekanan pikiran atas pekerjaan dan tanggung jawab mereka yang kalau di letakan di pundak kita para istri boro2 mau senyum, bangun dari tempat tidur pun mungkin tak syanggup," tutur perempuan 34 tahun itu.

Ratna juga mengutarakan bahwa pernikahan tak seperti gambaran di film. Suami istri bersama-sama menghadapi tantangan dan ujian.

"karna penuh tantangan dan ujian.. tapi kalo dijalankan sesuai manual yg sudah diberikan yaitu quran dan sunnah, inshaAllah tidak akan menjadi hilang tantangan dan ujian itu tapi hati kita akan lebih lapang untuk menjalankannya. Dan disaat hati kita lapang, segala nya terasa lebih mudah," ungkapnya.

Ratna menegaskan catatan tersebut adalah nasihat untuk dirinya sendiri. Bisa jadi pengingat saat ia kufur nikmat, dan penyemangat kala suasana hatinya tak baik.

"Semangat para paksu dimanapun berada yang sedang berjuang untuk keluarganya, dan untuk kita para istri, percayalah rumah tangga yg sehat dan bahagia itu dikarenakan kuat dan sabar nya kita para istri," tutupnya.

Sebagai informasi, Ratna dan pengusaha tambang, Sawkani Jamhuri, menikah pada 26 Oktober 2012. Keduanya dianugerahi lima anak, empat di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan satu anak perempuan. Mereka adalah Shelby Adhideva Sawkani, Madiba Arga Sawkani, Benjamin Ayyubi Sawkani serta si kembar Shelma Aisyah Sawkani dan Shaldy Ararya Sawkani.

Sejak menikah, Ratna Galih menepi dari dunia hiburan, hanya sesekali tampil sebagai bintang tamu di acara bincang-bincang keluarga. Ia memilih fokus mengasuh kelima buah hatinya. Lewat akun media sosialnya, ia kerap membagikan seputar kehidupannya menjadi ibu rumah tangga. 

Baca juga: Curhat Ratna Galih Mengasuh Lima Anak: Masak 3 Kali Sehari sambil Dasteran