4 Manfaat Natto untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Usus dan Tulang

Natto, kedelai yang difermentasi dan memiliki tekstur berlendir serta lengket. Foto: Pixabay.com/ohmorimutsuhiro

kesehatan

4 Manfaat Natto untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Usus dan Tulang

Minggu, 31 Juli 2022 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Natto merupakan hidangan tradisional Jepang. Natto terbuat dari kedelai yang difermentasi dan memiliki tekstur berlendir, lengket, dan berbau agak menyengat. Biasanya natto disajikan dengan kecap, mustard, daun bawang, bumbu lainnya atau dengan nasi.

Meskipun sering dikonsumsi di Jepang, berkat sederet manfaatnya untuk kesehatan, natto semakin masuk ke pasar di negara-negara barat lainnya. Selain manfaat potensialnya untuk sistem pencernaan, natto dianggap sebagai makanan super karena sejumlah alasan lainnya. Apa saja itu? Berikut empat manfaat nato untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan pencernaan

Natto dilengkapi dengan probiotik yang sangat sehat untuk pencernaan dan usus Anda. Jumlah probiotik dalam Natto cukup untuk membantu Anda menghindari diare dengan konsumsi teratur. Natto menyediakan hampir sebanyak probiotik per gram seperti yang Anda dapatkan di seluruh porsi sebagian besar makanan yang diperkaya probiotik lainnya.

2. Menyehatkan jantung

Natto mengandung serat dan probiotik. Kedua kandungan tersebut berkontribusi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Fermentasi natto menghasilkan natto kinase, enzim yang membantu melarutkan bekuan darah dan menjaga kelancaran aliran darah di dalam tubuh. Faktanya, karena tidak memiliki efek samping dan memberikan manfaat jangka panjang, natto mungkin lebih mengencerkan darah daripada pengencer darah yang mahal.

3. Membantu penurunan berat badan

Produk yang terbuat dari kedelai yang difermentasi telah terbukti meningkatkan kesehatan secara keseluruhan maupun penurunan berat badan. Kandungan probiotik yang tinggi dalam natto dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab probiotik dan suplemen lainnya dapat mencegah lemak dan dapat menghindari penumpukan massa lemak di tubuh Anda. Probiotik juga dapat mengurangi penyerapan kalori dari makanan yang kita konsumsi.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Penipisan dan pelemahan tulang adalah aspek yang tak terhindarkan dari penuaan manusia. Untuk cegah hal itu terjadi, Anda bisa mengonsumsi natto yang kaya vitamin K2. Vitamin tersebut bertanggung jawab untuk menghilangkan kekakuan tulang. Vitamin K2 juga baik untuk meningkatkan kepadatan mineral dan mencegah perkembangan osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh.

Baca juga: Mengenal Miso, Ada 3 Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

PINK VILLA