6 Fakta di Balik Gaun Pengantin Putri Diana, Sempat Ada Noda Parfum

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Adik Charles, Pangeran Andrew menyapa seorang gadis pengiring disaksikan Putri Diana di Istana Buckingham.  Dailymail.co.uk

Adik Charles, Pangeran Andrew menyapa seorang gadis pengiring disaksikan Putri Diana di Istana Buckingham. Dailymail.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika Lady Diana Spencer atau lebih dikenal Putri Diana menikah dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981, dunia terpikat dengan gaun pengantin yang dikenakannya. Meskipun pernikahan mereka tidak bertahan lama, citra gaun pengantin mewah dengan detail lengan mengembang atau puff dan ekor gaun terpanjang disenangi penggemar keluarga kerajaan selama beberapa dekade hingga saat ini.

Berikut beberapa fakta seputar gaun pengantin Putri Diana yang sayang untuk dilewatkan:

1. Desainer awalnya mengira permintaan pembuatan gaun pengantin Putri Diana hanya lelucon

Di antara banyak rumah mode Inggris yang berlomba untuk membuat gaun pengantinnya, Putri Diana memilih sendiri sang desainer. Mendiang ibu Pangeran William dan Pangeran Harry itu menunjuk David dan Elizabeth Emanuel. 

David dan Elizabeth diketahui sudah membuat beberapa pakaian untuk calon pengantin menjelang pernikahan, tapi mereka tak menduga akan merancang salah satu acara kerajaan terbesar dalam sejarah. Bahkan mereka sempat menduga tawaran pekerjaan tersebut adalah lelucon.

"Kami mendapat telepon untuk mengatakan, 'Maukah Anda melakukan kehormatan membuat gaun pengantin?'" David memberi tahu Hello! pada tahun 2020. “Tetapi ketika kami tidak masuk dalam pers, saya pikir, 'astaga, mungkin itu panggilan tipuan?' Tetapi kemudian, dia menelepon kembali, itu pasti sekitar sebulan kemudian.”

Tidak seperti desainer gaun pengantin Kate Middleton atau Meghan Markle, yang sangat tertutup sampai pagi hari pernikahan itu, informasi tentang Diana dirilis ke pers.

“Ketika akhirnya diumumkan, studio kecil saya dikepung fotografer dalam hitungan menit,” kata David, berbagi bahwa dia “berlari ke sebuah toko di Oxford Street untuk memesan roller blind dengan cepat.

2. Gaun pengantin Putri Diana tidak benar-benar berwarna putih

Menampilkan lengan puff, kerutan, pita, renda, dan 10.000 biji mutiara, gaun sutra taffeta menginspirasi tren gaun pengantin sepanjang tahun 1980-an — dan salinan tanpa akhir diluncurkan sehingga pengantin yang bersemangat bisa mendapatkan tampilannya.

Gaun tersebut ternyata tak berwarna putih, tetapi kuning gading lembut. Alasan pemilihan

berwarna putih gading dengan pertimbangan warna kulit Putri Diana.“Saya menemukan bahwa renda putih cenderung terlihat murahan. Gading meningkatkan kecantikan alami dan pucat Diana,” ucap Elizabeth Manuel kepada Daily Mail.

Sementara inspirasi detail lengan mengembang dan ekor gaun panjang didapatkan setelah melihat berbagai buku dan film terkait kerajaan.

“Saya melacak setiap buku yang bisa saya temukan tentang pernikahan kerajaan dari sejarah: Ratu Victoria; putrinya, Putri Beatrice; Ratu Maria,” katanya. "Dan saya menonton semua film lama favorit saya, The Leopard, Gone With The Wind, Barry Lyndon."

Gaun pengantin yang dikenakan Putri Diana saat pernikahannya dengan Pangeran Charles ini disebut sebagai gaun terburuk seleb urutan ke-8 dengan lengan balonnya. Dailymail.co.uk

3. Ekor gaun pengantin terpanjang sepanjang masa

Elizabeth dan David berhasil mencetak sejarah lewat ekor gaun pengantin Putri Diana. Ekor gaun dibuat sepanjang 25 feet atau 7,62 meter. Hingga saat ini, ekor gaun tersebut masih menduduki peringkat pertama sebagai ekor gaun pengantin terpanjang.

“Katedral Santo Paulus (tempat Putri Diana dan Pangeran Charles menikah) sangat besar, besar – Anda tidak bisa membuat gaun kecil yang sederhana,” kata David Emanuel kepada The Guardian.

Saat meneliti gaun pengantin kerajaan, pasangan itu menemukan ekor gaun pengantin terpanjang adalah 20 feet atau 6 meter. Jadi, mereka mengusulkan membuatnya lebih panjang dari sebelumnya.

"Saya ingat ketika tertawa ke Diana dan berkata, 'Ya ampun, kita harus mengalahkan itu!' Dan dia berkata, 'Oh, oke, haruskah kita mencapai 23 feet? Haruskah kita membuatnya menjadi 25?’ Akhirnya, diputuskan 25 feet!”

Ternyata untuk menyimpan ekor gaun tersebut cukup menantang. Mereka harus menyewa derek karena ekor gaun tersebut begitu panjang, sehingga tidak dapat masuk melalui pintu studio mereka.

“Mereka harus mencopot jendela, untuk memasukkannya (ekor gaun pengantin) ke dalam gedung,” kata David kepada Today.

4. Para desainer "ngeri" tentang kerutan gaun pengantin

Salah satu aspek gaun pengantin Diana yang sering dikritik adalah tampilannya yang kusut di hari pernikahannya.

Berbicara selama acara khusus “Invitation to the Royal Wedding”  di ITV 2018, Elizabeth mengatakan (melalui The Mirror) bahwa mereka sudah memprediksi itu akan sedikit kusut, tetapi tidak sejauh itu ketika Diana bepergian ke gereja.

“Ketika saya melihatnya tiba di St. Paul’s dan kami melihat kerutan, saya benar-benar ingin pingsan,” kenang sang desainer.

“Saya ngeri, sungguh, karena lipatannya cukup banyak. Itu jauh lebih banyak dari yang kami kira.”

Gaun Pengantin Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles pada 1981 dipamerkan di Istana Kensington selama musim panas 2021. (Instagram/@historicroyalpalaces)

5. Ada gaun cadangan yang tidak diketahui siapa pun

Elizabeth membuat gaun cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Seperti yang dikatakan Elizabeth kepada Daily Mail, gaun cadangannya mirip dengan gaun aslinya, tetapi sedikit lebih sederhana. Gaun tersebut tidak memiliki semua trim renda, lengan yang lebih pendek, dan korset yang berbeda.

"Baru tiga perempat selesai - kami tidak punya waktu untuk membuatnya secara keseluruhan, jadi tidak ada sulaman atau sentuhan akhir yang dilakukan," jelasnya..

“Pada saat itu kami ingin memastikan bahwa gaun itu adalah kejutan,” tambah David dalam wawancara dengan People.

“Kami tidak pernah mengepasnya pada Diana. Kami bahkan tidak pernah membahasnya. Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki cadangan; itu untuk ketenangan pikiran kita sendiri, sungguh.”

Jadi, di mana gaun misterius ini sekarang? Tidak ada yang tahu sebenarnya.

"Itu tergantung di studio untuk waktu yang lama, dan kemudian menghilang," kata Elizabeth kepada Daily Mail. “Saya tidak tahu apakah kami menjualnya atau menyimpannya di gudang. Itu adalah waktu yang sibuk. Saya yakin itu akan muncul di tas suatu hari nanti! ”

6. Putri Diana menodai gaun pengantinnya dengan tumpahan parfum

Menurut People, Putri Diana memilih parfum Quelques Fleurs aroma romantis dari Paris Houbigant, untuk hari besarnya.

Namun, parfum yang membutuhkan lebih dari 15.000 bunga untuk membuat botol satu ons itu tumpah di seluruh gaun Diana hanya beberapa menit sebelum dia berjalan menyusuri lorong.

"Saya baru saja memakai parfum dan saya menumpahkannya di bagian depan gaun saya," kata Putri Diana kepada penata rias Barbara Daly dalam kutipan buku Diana: The Portrait yang dibagikan oleh Daily Express. Ia langsung panik, tapi noda itu berhasil dihilangkan berkat bantuan Daly.

Baca juga: Pengalaman Emma Corrin Pakai Replika Gaun Pengantin Putri Diana di The Crown

PAGE SIX | PEOPLE | DAILY MAIL

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."