Shania Twain Cerita Gejala Penyakit Lyme yang Dialaminya: Saya Pingsan secara Teratur

Shania Twain. Chris Pizzello/Invision/AP

kesehatan

Shania Twain Cerita Gejala Penyakit Lyme yang Dialaminya: Saya Pingsan secara Teratur

Rabu, 27 Juli 2022 13:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Shania Twain mengungkapkan bahwa dia kerap alami pingsan dan pusing di atas panggung sebelum mengetahui bahwa ia menderita penyakit Lyme. Ia diketahui pernah digigit kutu saat menunggang kuda pada tahun 2003. Ia mengatakan dalam film dokumenter Netflix barunya, Not Just a Girl, bahwa gejalanya cukup menakutkan.

“Sebelum saya didiagnosis, saya di atas panggung sangat pusing,” katanya. "Saya kehilangan keseimbangan, saya takut saya bakal jatuh dari panggung."

Dia menambahkan, "Saya pernah mengalami pingsan dalam hitungan milidetik, tetapi secara teratur, setiap menit atau setiap 30 detik."

Lyme adalah penyakit akibat infeksi bakteri yang ditularkan melalui gigitan kutu. Gejala yang paling umum seperti sakit kepala, kelelahan, nyeri otot dan sendi, mati rasa, kram, demam, kepekaan terhadap cahaya, insomnia, kebingungan, kesulitan berkonsentrasi, dan masalah memori.

Selain lyme yang mempengaruhi kemampuan Twain untuk tampil, ratu pop country itu juga alami disfonia, yang menyebabkan dia kehilangan suaranya untuk sementara.

“Suara saya tidak pernah sama lagi,” kenangnya. “Saya pikir saya akan kehilangan suara saya selamanya. Saya pikir itu saja, [dan] saya tidak akan pernah bernyanyi lagi.”

Perempuan 56 tahun itu menjalani beberapa operasi invasif setelah kehilangan suaranya.

Aksi Shania Twain dalam konser "Now Tour" di Staples Center, Los Angeles, Jumat, 3 Agustus 2018. Penyanyi berusia 52 tahun ini pernah mendapat gelar penyanyi wanita terlaris sepanjang masa lewat album ketiganya yang bertajuk Come on Over. REUTERS/Mario Anzuoni

Dia mengatakan kepada Extra pada 2019, “Saya harus menjalani operasi yang sangat intens dan ini adalah operasi tenggorokan terbuka, sangat berbeda dari operasi pita suara. Saya harus menjalani keduanya, jadi itu benar-benar, sangat, sangat sulit dan saya selamat dari itu - yang berarti secara emosional saya selamat - dan saya siap untuk terus berjalan."

Sementara di tengah berjuang melawan masalah kesehatannya, ia juga mengetahui bahwa suaminya yang lebih tua 15 tahun darinya, Robert John Lange, berselingkuh dengan teman dan asisten pribadinya, Marie-Anne Thiébaud.

“Dalam pencarian untuk menentukan apa yang menyebabkan kurangnya kontrol suara saya dan perubahan dalam suara saya ini, saya menghadapi perceraian. Suami saya meninggalkan saya untuk wanita lain,” kata penyanyi You're Still the One dalam dokumen tersebut.

Menurutnya, itu titik terendah lainnya yang harus dihadapi, bahkan sempat terpikir untuk berhenti melanjutkan karier musiknya.

Dalam pergantian peristiwa yang aneh, pemenang Grammy lima kali itu dapat menemukan cinta – dan suaranya – lagi.

Setelah melalui masa-masa sulit bersama, mantan suami Marie-Anne, Frédéric Thiébaud, dan Shania Twain bersatu karena memiliki kesedihan bersama. Mereka berkencan pada 2010. Hubungan pasangan itu dengan cepat berubah menjadi romantis dan mereka menikah setahun kemudian.

PAGE SIX