Zaskia Adya Mecca Bebaskan Anak Memilih: Agar Terbiasa Ambil Keputusan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Zaskia Adya Mecca bersama suami, Hanung Bramantyo, dan anak pertama mereka, Kana Sybilla Bramantyo. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

(dari kiri) Zaskia Adya Mecca bersama suami, Hanung Bramantyo, dan anak pertama mereka, Kana Sybilla Bramantyo. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan pemengaruh, Zaskia Adya Mecca kerap bagikan pandangannya sebagai orang tua di akun media sosialnya. Yang terbaru ia mengisahkan soal anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo, yang tengah belajar memutuskan pilihan sendiri.

"Si kakak yang baru masuk SMP dan banyak gelisah mau a-b-c..Udah mulai dihadapkan dengan pilihan2, jadi belajar ambil keputusan sendiri dan harus siap dengan segala resikonya," ujranya di keterangan foto yang diunggah di Instagramnya, Jumat, 22 Juli 2022.

Menghadapi situasi tersebut, Zaskia dan suami, Hanung Bramantyo, mengambil posisi sebagai orang tua yang memaparkan beragam pertimbangan, bukan penentu keputusan.

"Aku cuma kasi pemikiran kalau a bakal gimana, b kemungkinannya seperti apa, juga c berpotensi apa.. Si anak panikan, berujung dia bilang “please Bia aja yang nentuinnn.. aku ikut Biaa”," ujar ibu lima anak itu.

"Dan nope! Ku akan minta dia tetap memilih, krn hidup soal pilihan.. sampai dewasa nanti dia akan sering dihadapkan dengan pilihan hampir di setiap keputusan… Biar belajar dari sekarang untuk bersikap," tambahnya.

Zaskia kemudian menuturkan alasannya untuk memercayakan anaknya memilih adalah bekal kehidupannya nanti. Ia juga tidak ingin menjadi orang tua yang otoriter, berkuasa atas hidup anak.

"Ku jadi orang tua ga mau otoriter,ga mau selalu nentuin banyak hal buat anak dengan alasan “masih kecil, belum ngerti, atau saya lbh tau mana yang baik buat dia” karna kalau dia terbiasa mengambil keputusan dan bertanggung jawab dengan keputusan yang dia ambil, insyaa Allah ketika dewasa dia akan jadi pribadi yang matang, PD dan selalu siap menghadapi masalah2..,"

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, ini bukan kali pertama Zaskia bagikan soal anak. Ia juga pernah berbagi soal anak keduanya, Kala Madali Bramantyo, yang hobi bermain bola. Awalnya, Zaskia mengaku bingung saat menghadapi permintaan Kala untuk les bola. 

Ia kemudian meriset sekolah bola yang berkualitas dan lokasinya tidak jauh dari kediamannya. "Akhirnya setelah diteror dua anak, aku browsing sekolah2 bola," ungkapnya di Instagram, 19 Juni 2022.

Begitu melihat antusias dan kemampuan anaknya, Zaskia mengaku bahagia dan bangga.

"Semangatnya juga masyaa Allah ga pernah mau bolos les, bahkan next mau ada match aku pas harus ke jogja dia memilih skip ke jogja supaya bisa tanding," kata perempuan 34 tahun itu.

"Seneng liat dia semangat di lapangan deg2an liat energinya takut kecapean kepikiran aduh itu jadi gosong banget panas2an luar biasa…," lanjutnya. 

Sebagai informasi, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo menikah pada 14 September 2009. Keduanya telah dikaruniai lima anak, yaitu Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, Bhre Kata Bramantyo, dan Bhaj Kama Bramantyo.
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."