Liburan Keluarga Ala Tya Ariestya Siapkan 5 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Tya Ariestya/Foto: Instagram/Tya Ariestya

Tya Ariestya/Foto: Instagram/Tya Ariestya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Tya Ariestya membagikan beberapa kiatnya mempersiapkan liburan bersama keluarga kecilnya, mengingat saat ini tengah berlangsung libur panjang sekolah. "Sebagai ibu, aku selalu berusaha membangun kehangatan serta menciptakan kenangan yang berkesan melalui aktivitas bersama. Karena aku dan suami sejak dulu gemar travelling, ditambah anak-anak juga senang eksplor hal baru, liburan sudah jadi salah satu agenda wajib," kata Tya, dikutip dari keterangan pers ShopeePay, Jumat 15 Juli 2022.

Berikut adalah tips dari Tya untuk siapkan rencana berlibur.

1. Tentukan destinasi dan susun itinerary dari jauh hari

Bagi Tya, liburan keluarga bersama anak-anak membutuhkan perencanaan ekstra yang harus disusun sejak jauh hari. Selain kenyamanan anak, pemilihan destinasi liburan, akomodasi, serta aktivitas yang akan dilakukan juga sebaiknya ditentukan di awal, karena akan mempengaruhi anggaran yang perlu disiapkan. "Menurut aku planning ini penting banget supaya kita hemat waktu dan tentunya bisa mengantisipasi pengeluaran tak terduga. Di sisi lain, aku jadi bisa menyiapkan rencana cadangan apabila rencana awal tidak memungkinkan," ujar Tya.

2. Cari fasilitas yang ramah anak

Sebagai ibu, kenyamanan dan keamanan anak-anak tentu menjadi prioritas utama. Bagi Tya, memastikan penginapan atau hotel dengan fasilitas ramah anak sangat penting dalam menyusun agenda liburan keluarga.

"Saat memilih penginapan, aku biasanya mencari tempat dengan lahan yang cukup lapang, tidak banyak tangga, dan aman untuk bermain anak, karena aku tahu kalau anak-anakku itu hobi banget lari sana-sini. Tempat makan pun aku berusaha memilih yang kids-friendly dengan sisi outdoor yang memadai atau punya fasilitas khusus anak bermain," ujar ibu dari Muhammad Kanaka dan Muhammad Kalundra ini.

3. Rencanakan target dan alokasikan tabungan khusus

Dalam menyiapkan anggaran liburan keluarga, Tya dan suami telah menyiapkan pos tabungan terpisah agar pengeluaran liburan tidak mengganggu pengeluaran rutin harian yang esensial. Saat mengalokasikan tabungan, Tya dan suami biasanya menentukan target yang hendak dicapai sejak awal. Misalnya, frekuensi liburan dalam setahun, destinasi yang diinginkan, serta durasi liburan.

4. Lengkapi kebutuhan esensial dengan travel kit favorit

Anak-anak yang gelisah atau rewel di perjalanan tentu jadi satu cerita yang sering terjadi saat liburan keluarga. "Selain kebutuhan inti seperti pakaian, toiletries, obat-obatan, dan vitamin, aku juga biasanya menyiapkan travel kit berisi mainan, camilan, atau pernik simpel yang mengingatkan mereka dengan rumah," katanya.

5. Pastikan rumah aman agar liburan tenang

Walaupun sedang liburan, bukan berarti Tya ikut absen dalam memantau kondisi rumah. Ia kerap meminta bantuan kerabat terdekat untuk mengecek kondisi rumah dan memberi kabar terkait situasi di rumah selama Tya dan keluarga sedang berlibur.

Baca: Agar Tidak Boros, Simak 6 Tips Memilih Baju Lebaran Anak ala Tya Ariestya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."