Mengenal Katekin, Kandungan yang Paling Banyak Ditemukan di Teh Hijau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita kerap mendengar teh hijau kaya kandungan katekin yang baik untuk tubuh. Apa itu katekin? Katekin adalah fitokimia polifenol alami yang ada dalam makanan dan tanaman obat, kata Amy Shapiro, ahli nutrisi di New York.

Lebih tepatnya, dia menyebutkan bahwa katekin diklasifikasikan sebagai flavanol, yang merupakan jenis flavonoid yang secara alami tidak hanya ada di dalam teh hijau, tetapi juga buah-buahan tertentu dan sumber makanan lainnya 

Selain itu, seperti yang dikatakan ahli pengobatan fungsional, Mark Hyman, katekin adalah beberapa fitonutrien penangkal penyakit paling kuat yang ditemukan di kerajaan tumbuhan.

Pertama dan terpenting, katekin sangat anti-inflamasi atau peradangan cocok untuk berbagai manfaat untuk pencegahan penyakit, umur panjang, dan banyak lagi.

“Katekin mengurangi stres oksidatif yang berlebihan melalui efek antioksidan langsung atau tidak langsung, meningkatkan aktivasi zat antioksidan, dan mencegah kanker,” kata Shapiro.

Karena stres oksidatif jangka panjang terkait dengan segala hal mulai dari kelelahan, proses penuaan alami, kasus diabetes tipe 2, dan penyakit jantung yang lebih serius, katekin dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan yang terkait dengan kondisi tersebut.

"Kekuatan anti-inflamasi katekin juga berperan untuk mengatur infiltrasi dan proliferasi sel terkait kekebalan," kata Shapiro, yang dapat membantu menjaga pertahanan kekebalan Anda dan melindungi terhadap jenis infeksi tertentu.

Kemudian, turunan katekin yang ditemukan dalam teh hijau—termasuk epicatechin, epigallocatechin, epicatechin gallate, dan terutama epigallocatechin gallate—dikenal menunjukkan sifat antikanker yang kuat. Sebagai tinjauan Maret 2020 dalam International Journal of Molecular Sciences ditemukan bahwa katekin dalam teh hijau secara luas digambarkan efisien dalam pencegahan kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kerongkongan, kanker perut, kanker hati dan kanker prostat.

Sementara para peneliti mencatat bahwa konsumsi teh hijau tentu tidak akan menggantikan metode pengobatan kanker konvensional seperti kemoterapi, ini adalah salah satu sumber makanan yang valid yang dapat kita konsumsi untuk membantu mendukung protokol antikanker.

Selain itu, katekin sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan ketidakseimbangan usus dan gangguan pencernaan, termasuk penyakit radang usus (IBD). “Katekin menstabilkan struktur mikrobioma gastrointestinal dengan mempromosikan proliferasi bakteri usus yang menguntungkan dan mengatur keseimbangan flora usus,” kata Shapiro.

Seperti yang sudah kita ketahui, usus yang seimbang mengarah pada pencernaan yang lebih baik, kekebalan yang lebih kuat, dan peradangan yang lebih sedikit.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, teh hijau adalah pilihan terbaik Anda untuk memenuhi katekin. Dengan mengatakan itu, Shapiro mencatat bahwa jumlah katekin dalam teh hijau bervariasi berdasarkan beberapa faktor, termasuk varietas, metode budidaya dan pemrosesan daun, waktu penyeduhan, serta suhu.

“Teh hijau memiliki jumlah katekin tertinggi, dan tampaknya teh sencha Jepang memiliki jumlah tertinggi,” kata Shapiro.

Mengenai seberapa banyak Anda perlu minum untuk memaksimalkan manfaat kesehatan termasuk pencegahan diabetes dan kesehatan jantung, dia mengatakan bahwa penelitian saat ini menyarankan untuk memilih tiga hingga lima cangkir per hari — meskipun, tentu saja, porsi yang lebih jarang akan lebih bermanfaat daripada tidak sama sekali.

Selain itu, teh non-herbal lainnya—terutama yang dibuat dari tanaman Camellia sinensis—juga mengandung katekin. Misalnya, teh hitam mengemas senyawa penambah umur panjang ini (seperti halnya teh putih dan teh oolong).

“Katekin konsentrasi tinggi juga dapat ditemukan dalam anggur merah, kacang polong, anggur hitam, aprikot, almond, cokelat hitam (kakao), plum, dan stroberi,” ujarnya, menambahkan bahwa ukuran porsi umum berjumlah sekitar 100 gram.

Baca juga: Rutin Minum Teh Hijau, Berikut 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."