Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

kecantikan

Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Mencegahnya

Rabu, 6 Juli 2022 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut bercabang merupakan kondisi di mana ujung rambut yang terbelah menjadi dua. Anda dapat menganggapnya seperti tali yang telah usang seiring waktu.

"Ujung bercabang terjadi di ujung helai rambut. Helai rambut patah dan terbelah dua, menciptakan ujung kecil berbentuk 'Y' di ujung rambut Anda," kata Trey Gillen, penata rambut dan direktur artistik pendidikan di SACHAJUAN dikutip dari Real Simple.

Memiliki beberapa rambut bercabang sebenarnya normal, tapi akan berbahaya dalam jumlah besar. Saat Anda mendapatkan ujung bercabang, serat rambut akan naik seperti robekan di stoking Anda.

Jika Anda tidak memotongnya secepatnya kerusakan akan mematahkan untaian sepenuhnya atau menjalar hingga ke akar Anda. Hal ini tidak hanya membuat rambut Anda terlihat rusak dan keriting, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan rambut yang parah di seluruh helai dan kerapuhan secara keseluruhan sehingga menyebabkan penipisan rambut.

Sebab Rambut Bercabang

Selain genetik, rambut bercabang sebagian besar disebabkan oleh pelapukan dan kerusakan panas. "Fraktur atau 'ujung terbelah' ini biasanya disebabkan oleh elemen lingkungan (seperti air panas, angin) atau oleh gesekan mekanis dan gaya panas," kata Gillen.

Bagi kebanyakan orang, paparan penyebab rambut bercabang tidak dapat dihindari, maka dari itu pentingnya perawatan pencegahan. 

Cara Mencegah Rambut Bercabang

Sama seperti anti-penuaan, cara terbaik untuk menghindari ujung bercabang adalah mencegahnya terjadi sejak awal. Kuncinya adalah kelembapan, rambut yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak mudah patah saat Anda menyisir atau menata rambut.

Sampo dan kondisioner yang Anda gunakan secara teratur sangat penting, tetapi ada faktor ketiga yang harus menjadi bagian dari perawatan rambut standar Anda. Apa itu? Memasukkan masker rambut ke dalam rutinitas Anda seminggu sekali akan memberikan kelembapan jangka panjang dan membuat rambut terlihat dan terasa lebih lembut. Pilihlah produk dengan bahan-bahan seperti asam hialuronat, air kelapa, dan asam poliglutamat.

"Cara terbaik untuk mencegah ujung rambut bercabang adalah dengan meminimalkan gaya panas dan kerusakan mekanis dengan penyikatan dan penanganan yang lembut," tambah penata rambut selebriti Clariss Rubenstein.

Saat menyisir, pastikan untuk memegang rambut yang paling dekat dengan kulit kepala agar tidak kusut dengan lembut tanpa menyebabkan tekanan. Jangan pernah menyisir rambut Anda saat basah. Sebab rambut basah adalah yang paling rentan untuk meregang saat ditarik, jadi Anda berisiko mengalami kerusakan yang tidak perlu jika Anda menyikat langsung dari kamar mandi.

Dan cara paling jitu untuk mencegah ujung bercabang adalah dengan melakukan trim secara teratur setiap enam hingga 12 minggu. Jumlah pastinya akan bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti penataan panas dan perawatan warna, serta bentuk rambut Anda, yang mungkin memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit perawatan untuk dirawat. Konsultasikan dengan penata rambut Anda untuk menentukan perubahan yang ideal untuk rambut Anda.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Sangat sulit untuk benar-benar memperbaiki kerusakan rambut, tetapi kategori produk yang berkembang menjanjikan untuk mengatasinya. "Menggunakan bahan-bahan tertentu—terutama silikon—membantu mengatasi ujung yang bercabang dan mencegahnya membelah lebih jauh," kata Gillen. Banyak dari produk ini disebut serum atau krim akhir yang membantu 'menyegel' ujung rambut bercabang."

Meskipun ini bagus untuk hasil jangka pendek, Gillen mencatat bahwa itu adalah solusi sementara untuk menyatukan ujung rambut bercabang.

"Untuk menuai manfaatnya, Anda harus mengoleskan kembali serum atau krim setiap kali Anda keramas, dan penumpukan bahan-bahan ini dapat membebani helai rambut Anda," katanya. "Untuk mengatasi ini, pertimbangkan kualitas bahan ketika mencari salah satu produk ini, karena Anda tidak ingin silikon keras di rambut Anda. Silikon halus lebih sehat dan jauh lebih baik untuk penataan." 

Dan terakhir, Anda memiliki perawatan pembentukan ikatan rambut yang bekerja dengan menargetkan ikatan disulfida yang rusak. Dengan berbagai bahan eksklusif, seperti Bis-aminopropyl diglycol dimaleate bisa menyambungkan kembali rambut bercabang.

Baca juga: 4 Cara Melindungi Kesehatan Rambut dari Polusi Udara

REAL SIMPLE