4 Cara Melindungi Kesehatan Rambut dari Polusi Udara

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Jcomp

kecantikan

4 Cara Melindungi Kesehatan Rambut dari Polusi Udara

Senin, 27 Juni 2022 14:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Polusi udara dapat menyebabkan kualitas rambut Anda menjadi menurun. Tanpa perlindungan yang tepat, polusi udara menumpuk di kulit kepala. Kondisi tersebut, menurut ahli trikologi dan ahli kesehatan rambut, Shab Reslan, memicu stres oksidatif sehingga rambut tampak kusam, rata, dan tidak berkilau.

Polusi udara juga mempercepat penuaan rambut dan munculnya uban.

Sementara itu, menurut Simon Ostler, salah satu pendiri Climaplex, lini perawatan rambut yang berfokus pada perlindungan dan perbaikan helai rambut dari polusi, tanda-tanda umum kerusakan rambut karena polusi adalah kerontokan rambut yang berlebihan, lebih mudah kusut, ujung bercabang, dan kesulitan menata rambut ikal.

Yang lebih mengkhawatirkan, penelitian telah menemukan bahwa paparan polusi udara yang terlalu lama dapat menyebabkan efek samping yang lebih merusak seperti kebotakan dan pertumbuhan rambut yang melambat.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara melindungi rambut dari polusi udara agar kualitasnya dapat terus terjaga. Berikut empat cara melindungi rambut dari polusi udara dari segi produk dan perawatan:

1. Gunakan Produk Antioksidan untuk Lindungi Rambut

Adanya radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara dapat membuat tekstur rambut Anda berubah. Maka dari itu, penggunaan antioksidan diperlukan untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan rambut Anda. Gunakanlah berbagai produk perawatan yang di dalamnya mengandung antioksidan, sebab zat tersebut memberikan berbagai manfaat termasuk dalam memberikan perlindungan terhadap rambut Anda.

2. Keramas secara Teratur

Keramas secara teratur dapat mencegah penumpukan kotoran di kulit kepala. Berkeramas dapat membersihkan kotoran yang tersisa serta sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan residu produk. Namun, berhati-hatilah memperlakukan rambut Anda pada saat keramas. Jangan menggosoknya terlaku keras dan mencucinya secara berlebihan. Sebab hal itu dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut.

3. Lindungi Rambut dari Sinar UV

Penting bagi Anda untuk melindungi rambut dari polusi udara dan juga sinar ultraviolet (UV) apabila Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan. Untuk itu, ada baiknya menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung filter UV.

Ini akan membantu mengurangi porositas dan melindungi rambut Anda dari pemudaran warna dan kerapuhan. Selain hal tersebut, Anda juga bisa memilih semprotan SPF khusus untuk rambut yang mudah dibawa ke mana-mana.

4. Gunakan Produk Rambut Anti-Silikon dan Anti-Polusi

Reslan menyarankan untuk menggunakan perawatan tanpa bahan berbasis silikon yang akan melapisi lapisan kutikula rambut dan melindunginya dari kelembapan dan kotoran.

Jika pencemaran lingkungan menjadi perhatian khusus Anda, ganti produk rambut biasa Anda dengan formula anti-polusi, Ada produk-produk alami yang diformulasikan menggunakan teknologi reparatif khusus dan mampu menghilangkan racun yang tidak diinginkan, sekaligus dapat melindungi rambut dari polusi udara dan kerusakan di masa depan.

Baca juga: Protein, Oil, dan Vitamin Sangat Baik untuk Perawatan Rambut 

DIAH RETNO ANDANI | WELL AND GOOD