4 Manfaat Minyak Jahe yang Kaya Kandungan Gingerol

Ilustrasi jahe. Freepik.com

kesehatan

4 Manfaat Minyak Jahe yang Kaya Kandungan Gingerol

Kamis, 23 Juni 2022 09:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, minyak jahe dibuat dari akar jahe. Minyak essensial ini diyakini kaya gingerol . Apa itu? Zat yang kaya sifat antioksidan dan antiperadangan. Seperti jahe, minyak jahe ini juga memiliki sederet manfaat untuk tubuh.

Tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa merawat kecantikan, khususnya tampilan kulit sehat. Berikut empat manfaat minyak jahe yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Membantu meredakan sakit dan nyeri

Salah satu kegunaan minyak jahe yang paling umum adalah untuk meredakan peradangan akut. Studi menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meredakan peradangan parah karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan bahan kimia antibakteri. Otot yang sakit dan nyeri sendi dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak.

2. Memperbaiki kulit

Ketika dioleskan, minyak jahe mengurangi kemerahan, membunuh bakteri, mencegah kerusakan kulit dan penuaan, dan mengembalikan warna dan cahaya ke kulit yang kusam. Minyak jahe adalah agen antiseptik dan pembersih yang kuat untuk membantu mendetoks kulit serta membuat kulit bernapas kembali.

3. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala

Minyak jahe, bila dioleskan ke rambut dan kulit kepala, dapat memperkuat helaian rambut, meredakan gatal, dan mengurangi ketombe. Jahe meningkatkan sirkulasi kulit kepala sekaligus merangsang folikel rambut, sehingga menghasilkan pertumbuhan rambut alami.

Vitamin, mineral, dan asam lemak jahe membantu memperkuat helai rambut Anda, yang membantu mencegah kerontokan rambut. Jahe juga membantu mengembalikan kelembapan yang hilang.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Minyak jahe adalah minyak perangsang dan penghangat yang digunakan dalam aromaterapi. Minyak jahe membantu menghilangkan racun, meningkatkan pencernaan, meredakan ketidaknyamanan perut dan usus, serta meningkatkan nafsu makan.

Aromaterapi minyak jahe juga dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mual. Jadi, jika Anda mengalami sakit perut, cobalah gunakan minyak jahe di diffuser Anda. 

Manfaat kesehatan dari minyak jahe hampir identik dengan jahe segar. Gingerol, salah satu komponen paling terapeutik dalam jahe, ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dalam minyak jahe.

Baca juga: Tips Menyimpan Jahe yang Benar, Pastikan dalam Kondisi Kering

PINK VILLA