Sandra Oh Ungkap Dampak dari Popularitas: Belajar Menjaga Kesehatan Lebih Dulu

Sandra Oh. Instagram.com/@iamsandraohinsta

profil

Sandra Oh Ungkap Dampak dari Popularitas: Belajar Menjaga Kesehatan Lebih Dulu

Minggu, 12 Juni 2022 17:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Sandra Oh mengisahkan bahwa dia berhadapan dengan penyakit dan rasa sakit setelah dia menjadi terkenal sebagai salah satu bintang serial televisi Grey's Anatomy. Diketahui Oh memerankan Dr. Cristina Yang di drama medis yang ditayangkan di ABC selama 10 musim tersebut. 

Ia mengatakan hidupnya sangat berubah setelah Grey's Anatomy ditayangkan perdana pada tahun 2005.

"Sulit untuk dibayangkan, karena ini hampir 20 tahun yang lalu," katanya kepada bintang Squid Game Jung Ho Yeon - yang juga baru-baru ini mengalami popularitas dan pengakuan mendadak - selama obrolan untuk seri Actors on Actors di Variety.

Oh melanjutkan, "Jadi konteksnya sangat berbeda. Tetapi stresnya sama, atau kebingungannya sama ... ketika orang berada dalam posisi tanggung jawab yang sangat luar biasa, istimewa, dan berat seperti ini. Kesehatan pribadi Anda, saya pikir saya sadari, sebaiknya lebih diutamakan."

Pemenang Emmy, 50, mengatakan dampak popularitas instan terhadap kesehatannya, antara lain merasa tidak enak badan saat syuting drama medis ABC yang dia tinggalkan pada tahun 2014.

"Jujur, saya sakit. Saya pikir seluruh tubuh saya sangat, sangat sakit," jelasnya. "Walaupun terus bekerja, tapi hanya seperti, 'Oh, aku tidak bisa tidur. Oh, punggungku sakit, aku tidak tahu apa yang salah dengan kulitku."

Oh berbagi bahwa dia mendapat pelajaran penting dari pengalamannya tentang memprioritaskan kesehatannya sendiri.

"Saya belajar bahwa saya harus menjaga kesehatan saya terlebih dahulu," katanya. "Tapi itu bukan hanya tubuhmu. Itu jiwamu. Itu pasti pikiranmu. Jadi, bahkan hal-hal seperti keraguan, pertanyaan. Karena pada akhirnya kamu tidak bisa bergantung pada orang lain."

Dia melanjutkan, "Kamu harus menemukannya di dalam dirimu sendiri. Kamu meminta pendapat orang, ya tentu saja, tetapi pada akhirnya, kita sendiri dengan diri kita sendiri.

Pada Agustus 2021, Oh membuka tentang pengalamannya setelah kesuksesan Grey's Anatomy.

"Sejujurnya, itu traumatis," katanya pada Sunday Today bersama Willie Geist. "Alasan mengapa saya mengatakan itu adalah keadaan yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda adalah dengan banyak privasi."

Dia melanjutkan, "Jadi ketika seseorang kehilangan anonimitas, Anda harus membangun keterampilan untuk tetap mencoba dan menjadi nyata. Saya beralih dari tidak bisa keluar, seperti bersembunyi di restoran, menjadi kemudian mampu mengelola perhatian, mengelola harapan, sementara tidak kehilangan rasa diri."

Oh mencatat bahwa dia mampu mengatasi ketenaran yang tiba-tiba karena dia memiliki terapis yang baik.

"Saya tidak bercanda. Ini sangat, sangat penting," katanya tentang meluangkan waktu untuk kesehatan mental. "Anda hanya harus berusaha menemukan cara untuk tetap membumi. Dan sering kali itu dengan mengatakan tidak."

Pada Mei 2021, dalam podcast "Asian Enough" di Los Angeles Times, Oh juga menutup kemungkinan untuk tampil kembali di serial hit tersebut dalam podcast Asian Enough di Los Angeles Times.

"Saya meninggalkan serial itu hampir tujuh tahun yang lalu. Jadi dalam pikiran saya, itu sudah hilang. Tetapi bagi banyak orang, itu masih sangat hidup. Dan sementara saya mengerti dan saya menyukainya, saya telah pindah."

"Tapi aku menyukainya. Dan ini juga mengapa saya sangat menghargai serial ... bahwa saya masih ditanyai terkait itu," ungkap Sandra Oh.

Baca juga: Rutinitas Kecantikan Pilihan Sandra Oh Jelang Usia 50