Teh Hijau hingga Teh Putih, 5 Jenis Teh yang Bantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

kesehatan

Teh Hijau hingga Teh Putih, 5 Jenis Teh yang Bantu Menurunkan Berat Badan

Kamis, 6 Januari 2022 15:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan usai wisata kuliner di liburan Natal dan Tahun Baru? Jika iya, cobalah rutin minum jenis teh berikut. Selain memiliki sederet manfaat kesehatan, seperti cegah risiko penyakit jantung dan diabetes, teh juga dapat membantu Anda menurunkan lemak tubuh dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Kandungan katekin dan polifenol di dalam teh dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori dan merangsang pemecahan lemak. Berikut  5 jenis teh di antaranya yang membantu menurunkan berat badan dikutip dari laman Pink Villa, Kamis, 6 Januari 2021. 

1. Teh hijau

Teh hijau dapat membantu meningkatkan oksidasi lemak, yang berarti membantu mengubah lemak menjadi energi, sehingga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin, termasuk yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak, terutama saat berolahraga.

2. Teh oolong

Seperti teh hijau, teh oolong juga bantu penurunan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme lemak. Teh oolong memiliki rasa buah atau bunga. Teh ini paling baik dikonsumsi di pagi hari.

Ilustrasi daun teh buah, daun teh hitam, dan daun teh hijau. Foto: Pixabay.com/Pompi

3. Teh hitam

Seperti teh hijau dan teh putih, teh hitam juga dibuat dari daun tanaman Camellia sinensis, yang mengandung sifat antioksidan. Dan seperti teh hijau, polifenol yang ada dalam teh hitam dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori dan merangsang pemecahan lemak.

4. Teh putih

Penelitian menunjukkan bahwa teh putih memiliki antioksidan yang mirip dengan teh hijau, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran lemak. Larutan ekstrak teh putih mengandung polifenol yang membantu meningkatkan pemecahan sel-sel lemak.

5. Teh kembang sepatu atau hibiscus

Teh kembang sepatu adalah jenis teh herbal yang terbuat dari tanaman kembang sepatu yang berbunga. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan seberapa efektifnya untuk menurunkan berat badan, tetapi beberapa penelitian lain menunjukkan teh kembang sepatu dapat mencegah obesitas. Teh kembang sepatu adalah teh herbal yang tidak mengandung kafein, sehingga dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari.

Baca juga: Empat Tips Penting Racikan Teh Agar Semakin Nikmat

PINK VILLA