Pentingnya Pelaku UMKM Belajar Soal Digital Marketing, Ada Kursus Gratis

Merayakan Berbagai Peran Kartini Masa Kini dengan Pemanfaatan Teknologi

karir

Pentingnya Pelaku UMKM Belajar Soal Digital Marketing, Ada Kursus Gratis

Jumat, 27 Mei 2022 08:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Head of Brand and Communication Team Niagahoster Ayunda Zikrina mengingatkan agar para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempelajari ilmu digital marketing untuk bisa memperluas usahanya. "Ada 3 hal dasar yang perlu dipelajari pelaku UMKM bila ingin perluas bisnisnya di ranah digital, yaitu membuat website, digital marketing dan search engine optimization (SEO)," kata Ayunda dalam konferensi pers bertajuk "Niagahoster Jalin Kerjasama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo, Bantu UMKM dan Startup Pemula" pada Selasa 24 Mei 2022.

Ayunda mengatakan saat ini masih banyak stigma di kalangan pengusaha kecil dan menengah yang menilai bahwa membuat website itu susah, harus belajar coding, atau ribet, dan sulit dilakukan. "Padahal sekarang itu membuat website sudah jauh lebih mudah dan murah dibanding zaman dulu. Jadi ilmu ini sudah tidak ekslusif dan bisa dipelajari masyarakat luas," katanya.

Ayunda mengatakan ilmu memiliki website, hal itu bisa membantu para pengusaha untuk menyebarkan aset digital mereka. Bila dibantu dengan mempelajari digital marketing, maka para pengusaha UMKM juga bisa menjangkau konsumen yang tepat. "Dengan dibekali digital marketing, maka hal itu bisa memasarkan tokonya dan usahanya ke pasar yang tepat," katanya.

Lalu pengusaha UMKM juga perlu belajar ilmu SEO. Hal ini harapannya bisa membantu toko mereka hadir di halaman pertama google, sehingga keterbacaan pembaca semakin mudah dengan akses mudah itu. "SEO ini bukan ilmu mahal. Sudah banyak e-book, tutotial, ada artikel serta blok yang membahas soal ilmu SEO ini," katanya.

Ayunda juga mengajak para pelaku UMKM untuk belajar ilmu digital marketing ini di Niagahoster. Kursus yang awalnya dilakukan secara offline, sejak pandemi ini dilakukan secara online. "Dengan kami buka secara online, pesertanya justru semakin banyak dan asalnya dari seluruh Indonesia," kata Ayunda.

Niagahoster telah memiliki Niagahoster Course yang merupakan kursus online gratis mengenai berbagai topik seputar IT dan digital marketing dengan format video yang penjelasannya mudah dipahami dan bisa diakses kapan saja. Serta Niagahoster Event yang diadakan secara rutin untuk membahas topik terhangat dan insight terbaru dengan pembawaan menarik di berbagai platform online.

“Selain itu juga ada Development Program yang merupakan program pengembangan skill dan sudah bekerja sama dengan banyak institusi pendidikan di Indonesia,. Dan semuanya diadakan secara gratis dan bisa diikuti siapa saja” kata Ayunda Zikrina. Semua hal itu bisa diakses di laman resmi Niagahoster.

Dengan kebutuhan pembinaan bagi UMKM dan startup digital yang semakin tinggi, Development Program Niagahoster menjalin kerjasama dengan 1000 Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk mengadakan program pembinaan berupa kelas intensif bagi UMKM dan startup pemula.

Bekerja sama Adakan Kelas Intensif untuk Sekolah Beta

Digerakkan oleh urgensi link and match antara pendidikan tinggi dengan industri, para sivitas akademika berkolaborasi bersama para praktisi di bidang yang bersangkutan. Di situlah program pengembangan skill dari Niagahoster, Development Program, mengambil peran dan berkolaborasi dengan berbagai institusi pendidikan.

Development Program Niagahoster membantu memastikan relevansi ilmu yang didapat di bangku pendidikan memiliki kesinambungan dengan kebutuhan di lapangan. Sebagai akselerasi pengembangan talenta digital secara keseluruhan di Indonesia, Development Program Niagahoster pun berkolaborasi dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo untuk membuat kelas intensif.

1000 Startup Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak 2016, menjadi penggerak bagi ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, serta saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. 1000 Startup Digital juga secara aktif membina talenta digital dengan program Sekolah Beta. “Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster ini ditujukan bagi pemilik usaha rintisan atau startup dan UMKM yang ingin belajar mengenai dasar pengetahuan digital dan pentingnya go digital bagi usahanya,” kata Muhammad Faisal, Subkoordinator Pengembangan dan Kerjasama Startup Digital.

Potensi Indonesia Sebagai Digital Nation

Kegiatan Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster yang diselenggarakan selama 5 hari pada 17-21 Mei 2022 merupakan pilot project yang ditujukan bagi usaha rintisan atau startup dan UMKM binaan 1000 Startup Digital asal daerah NTT/Kupang. “Kelas intensif ini memberikan bekal dan pembinaan bagi mereka, agar bisa langsung menuangkannya ke dalam praktik untuk membuat website bisnis atau company profile berbasis WordPress, serta mengoptimasi website menggunakan SEO,” ujar Faisal.

Selama 5 hari, peserta diberi pendalaman materi mengenai potensi Indonesia sebagai digital nation dan pentingnya skill dan pengetahuan digital, serta website sebagai aset digital. “Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi digital nation. Yang harus dilakukan adalah membina talenta-talenta digital dengan baik hingga ke seluruh penjuru negeri,” lanjutnya.

Dengan program kelas intensif kolaborasi ini, Niagahoster dan 1000 Startup Digital berharap peserta bisa memahami pentingnya aset digital dan menjadi talenta digital yang berkualitas. “Semoga pilot project ini bisa berlanjut dengan kolaborasi lain untuk daerah-daerah lain di Indonesia,” tutupnya.

Baca: 5 Kiat Bisnis Kuliner di Masa Pandemi, Pentingnya Digital Marketing