Kontrol Faktor-faktor Risiko Berikut untuk Cegah Risiko Hipertensi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi hipertensi (Pixabay.com)

Ilustrasi hipertensi (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp.JP(K), FIHA, prevalensi atau jumlah penyandang hipertensi yang meningkat dari tahun ke tahun terjadi karena faktor risiko yang tidak terkontrol.

Ia mencontohkan beberapa faktor risiko hipertensi seperti diabetes, obesitas atau kegemukan, hingga konsumsi garam berlebih tidak pernah menurun. Selain itu, kolesterol, konsumsi alkohol yang berlebihan, gangguan tidur sleep apnea, dan sebagainya juga termasuk faktor risiko.

“Hal-hal seperti itu yang harus kita kendalikan supaya prevalensinya turun, beban negara tidak tinggi, uangnya bisa dipergunakan untuk hal lain. Bagi masyarakatnya sendiri juga terhindar dari kemungkinan penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke,” ujar Erwinanto dalam media briefing secara virtual di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.

Ia mengatakan setiap peningkatan tekanan darah 20/10 mmHg yang dimulai dari tekanan darah 115/75 mmHg, maka kematian akibat stroke, jantung koroner, dan gagal ginjal akan naik lebih dari dua kali.

“Semua masalah tiga penyakit tadi tidak hanya dimulai pada saat hipertensi. Pada saat hipertensi memang meningkat tajam itu benar, tetapi tidak berarti ketika tidak hipertensi itu tidak meningkat,” katanya.

Pada peringatan Hari Hipertensi Sedunia tahun ini, tema yang diangkat adalah “Ukur tekanan darah Anda secara akurat, kendalikan dan hidup berkualitas lebih lama”.

Erwinanto mengatakan bahwa tema Hari Hipertensi tidak berubah dari tahun ke tahun, alasannya karena prevalensi atau jumlah penyandang hipertensi di dunia, tidak hanya di Indonesia, tidak menurun.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 diperkirakan prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1 persen atau sekitar 63.309.620 orang di Indonesia terkena hipertensi.

Secara nasional, prevalensi hipertensi menunjukkan kecenderungan peningkatan dari Riskesdas tahun 2007 hingga 2018 yang didasarkan pada tiga jenis metode yaitu diagnosis, konsumsi obat, dan pengukuran.

Erwinanto menekankan bahwa kata “kendalikan” yang tertulis pada tema Hari Hipertensi Dunia menjadi kata kunci yang perlu diperhatikan. Pesan untuk mengendalikan tekanan darah, lanjutnya, tidak hanya merujuk pada untuk orang yang sudah terkena hipertensi melainkan juga untuk orang yang belum hipertensi.

Sementara Advisory Board Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Prof. dr. Rully M.A. Roesli, Sp.PD-KGH, PhD menambahkan, menurutnya edukasi yang tidak tepat sasaran juga menjadi alasan mengapa prevalensi meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia.

Hal tersebut, lanjut Rully, didasarkan pada data Riskesdas 2018 yang menyebut penderita hipertensi mayoritas diderita oleh masyarakat yang tidak mengenyam pendidikan dan tidak lulus sekolah dasar. Ia menyarankan agar edukasi terkait hipertensi dapat dibuat dengan lebih inklusif.

“Ini bukan pekerjaan mudah. Bagaimana cara menyadarkan orang yang tidak sekolah atau yang tidak cukup baca bahwa hipertensi ini berat,” ujarnya.

Untuk mencegah hipertensi, Erwinanto menekankan pentingnya untuk melakukan terapi intervensi gaya hidup. Perubahan gaya hidup, katanya, tidak hanya berkaitan dengan konsumsi makanan-makanan yang sehat melainkan juga olah raga teratur 30 menit sehari, kurangi berat badan jika kegemukan, dan kurangi konsumsi alkohol.

Baca juga: Studi: Konsumsi Protein secara Bervariasi Bisa Kurangi Risiko Hipertensi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."