Cara Menyimpan Lemon agar Tetap Segar Menurut Ilmuwan Makanan

Ilustrasi lemon. Unsplash.com/Han Lahandoe

kuliner

Cara Menyimpan Lemon agar Tetap Segar Menurut Ilmuwan Makanan

Selasa, 17 Mei 2022 08:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk menjaga kesegaran lemon, ada sejumlah kiat yang perlu diperhatikan saat menyimpan. Yang pertama perlu, jangan disimpan di luar kulkas. Jika Anda menyusun lemon ditumpuk tinggi di atas meja dapur, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut.

“Jika Anda ingin buah lemon tetap segar, sebaiknya simpan di kulkas—dan lebih baik lagi, di laci,” kata Natalie Alibrandi, ilmuwan makanan yang berbasis di London.

“Lemon yang ditaruh di atas meja, terutama jika dekat dengan pisang atau buah penghasil etilen lainnya, bisa matang lebih cepat,” tambah Alibrandi.

Menurut ahli di Cook's Illustrated yang menguji umur simpan lemon di atas meja dibandingkan dengan di kulkas, buah-buahan yang disimpan pada suhu kamar kedaluwarsa setelah satu minggu. Sementara lemon yang disimpan di dalam kulkas tetap segar dan berair selama empat minggu alias sebulan penuh.

 “Buah-buahan secara alami matang lebih lambat di kulkas karena suhu yang lebih dingin memperlambat semuanya,” jelas Alibrandi. Untuk kondisi pengawetan yang optimal, USDA merekomendasikan untuk menjaga lemari es pada suhu sekitar 40°F, karena bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan tidak tumbuh atau tumbuh sangat lambat pada suhu lemari es.

Selain memperhatikan tempat penyimpanan, Anda harus perhatikan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menyimpan lemon agar tetap segar. Menurut sous chef Spago di Beverly Hills, Jessica Alferos, bilas lemon terlebih dahulu, lalu keringkan. Langkah tersebut disarankan untuk menghilangkan bakteri atau kelembapan yang mungkin ada pada buah.

Kemudian simpan lemon di dalam kantong kedap udara yang dapat ditutup kembali sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Sebabnya, kipas pendingin menciptakan lingkungan kering di dalam kulkas sehingga bisa menyebabkan lemon cepat matang jika tak dibungkus dalam wadah.

Langkah terakhir, diimbau untuk menyimpan buah lemon di laci kulkas. Laci memiliki sistem aliran udara atau kontrol suhu tersendiri, menjadikannya zona yang lebih dingin dengan kelembapan lebih, dan tempat yang ideal untuk menjaga produk tetap segar, papar Kristen Hong, penulis buku Fridge Love.

Baca juga: Selain Tinggi Vitamin C, Intip Kandungan Lemon yang Baik untuk Kesehatan

WELL + GOOD