Jangan Mager Pasca Lebaran, Ini 5 Tips Kembalikan Gaya Hidup Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi berat badan. Shutterstock

Ilustrasi berat badan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen pasca Lebaran menjadi kesempatan untuk mengatur kembali pola makan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan. Tokopedia bersama Ahli Gizi, Elfina Rachmi membagikan lima tips kembalikan gaya hidup sehat usai Ramadan dan Lebaran:

1. Perhatikan Konsumsi Gula, Garam dan Minyak

Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan. Selain itu, cek pula kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.

2. Prinsip Diet

Elfina menyarankan masyarakat untuk mengikuti pola makan sehat 4J, yaitu mengecek Jumlah, Jadwal, Jenis dan Jurus Masak. Jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi, seperti kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng. "Menggoreng sebaiknya maksimal 2 kali seminggu," kata Elfina pada Media Gathering Virtual pada 12 Mei 2022.

3. Pemilihan Jenis Makanan

Pastikan semua zat gizi makronutrien (karbohidrat, protein atau lemak), mikronutrien (vitamin mineral) dan cairan harian terpenuhi. Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal. Pilih lemak dari sumber lemak baik dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food. Elfina juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia lebih banyak makan serat. Menurutnya, selama ini asupan serat masyarakat Indonesia masih sangat kurang. "Perhatikan juga asupan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan," katanya.

4. Pemenuhan Cairan

Pastikan minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Menambah asupan cairan dalam tubuh, kata Elfina dilakukan dengan minum air putih, bukan dengan minum minuman manis. "Minimalisir minuman manis, bersoda dan yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi, karena menyebabkan lebih sering buang air kecil dan dapat menghambat penyerapan kalsium," katanya.

5. Aktivitas dan Latihan Fisik

Melakukan olahraga mungkin menjadi salah satu tantangan besar bagi masyarakat. Namun menurut Elfina, melakukan masyarakat sebaiknya melakukan olahraga selama 3-5 kali sepekan. "Mulai lah dengan olahraga yang ringan hingga sedang seperti jalan kaki di sekitar rumah untuk melenturkan otot-otot yang telah lama tidak dilatih, baru kemudian atur jadwal olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh," katanya.

Baca: Wulan Guritno Ikuti Gaya Hidup Sehat Nenek dan Kakeknya, Apa Itu?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."