Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 5 Makanan Ini

Ilustrasi oatmeal. shutterstock.com

kesehatan

Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 5 Makanan Ini

Selasa, 22 Maret 2022 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolesterol menjadi salah satu tantangan yang masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, semakin banyak orang yang konsumsi makanan seperti daging merah, gorengan, makanan yang dipanggang, manisan. Padahal berbagai makanan ini mengandung kolesterol jahat yang memiliki dampak negatif bagi tubuh yaitu menimbulkan resiko jantung dan stroke. Untuk menanganinya, ada pula makanan yang bantu turunkan kolesterol secara alami.

Untuk itu, simak 5 makanan yang bantu turunkan kolesterol secara alami dari dalam tubuh.

1. Oat

Oat mengandung serat larut yang dapat turunkan kolesterol secara alami. Menurunkan kolesterol dapat dengan makan semangkuk oatmeal untuk sarapan. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Kacang-kacangan

Kacang sangat kaya akan serat larut. Mengonsumsi kacang membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang berarti seseorang akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah mengapa kacang menjadi makanan yang berguna bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Ada beberapa jenis pilihan seperti kacang merah, kacang polong, dan lainnya.

3. Kedelai

Makan kedelai dan makanan yang terbuat darinya, seperti tahu dan susu kedelai dipercaya sebagai cara ampuh untuk turunkan kolesterol secara alami. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2.5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5 persen hingga 6 persen.

4. Ikan yang kaya akan Omega-3

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat turunkan kolesterol secara alami. Bisa dengan mengganti daging yang memiliki lemak jenuh penambah kolesterol jahat, dengan memberikan ikan yang kaya akan omega-3. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

5. Biji-bijian dan buah-buahan

Seperti gandum dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang terkandung didalamnya. Selain itu, ada buah-buahan yang sudah pasti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Adapun buah yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat yaitu alpukat, apel, anggur, stroberi, jambu biji, dan lainnya.

Baca: Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Kolesterol Tinggi, Brokoli hingga Salmon

DIAH RETNO ANDANI | HARVARD