5 Kutipan Kartini yang Inspiratif Berikut Ini Bisa Memberi Semangat

Raden Ajeng Kartini. Wikipedia/Tropenmuseum

ragam

5 Kutipan Kartini yang Inspiratif Berikut Ini Bisa Memberi Semangat

Kamis, 21 April 2022 17:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tepat tanggal 21 April, Indonesia merayakan hari Kartini dengan penuh semangat mengingat emansipasi perempuan dengan berbagai kutipan Kartini yang dibuat oleh pemilik nama lengkap Raden Ajeng Kartini.

Jasa beliau yang besar memberikan sebuah semangat kepada para perempuan Indonesia untuk bisa mendapatkan hak-hak dan membuang stigma bahwa perempuan hanya bisa berdiam diri di rumah. 

Beliau terkenal juga membuat buku dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang yang terdapat berbagai kutipan inspiratif yang cocok untuk direnungkan di hari Kartini. Berikut beberapa kutipan Kartini yang bisa menginspirasi perempuan Indonesia, dihimpun dari berbagai sumber. 

1. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."

Sikap kita memperlakukan orang merupakan hal yang bisa membuat kita terlihat sangat tidak baik.

2. "Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi!

Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam." Dari mimpi, kita tahu tujuan hidup yang ingin kita capai.

3. Tetapi apalah artinya pandai dalam ilmu yang hendak diajarkan itu, apabila ia tidak dapat menerangkan secara jelas kepada murid-murid

Tidak ada artinya jika ilmu itu hanya dimiliki sendirian, ilmu itu menerangi semua orang.

4. Perempuan yang pikirannya telah dicerdaskan, pemandangannya telah diperluas, tak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya

Perempuan yang memiliki ilmu dan pemikiran yang terbuka pasti akan berkembang dan tidak terpaku pada satu hal saja.

5. Seorang guru bukan hanya sebagai pengasah pikiran saja, melainkan juga sebagai pendidik budi pekerti

Guru itu merupakan orang yang ditiru dan digugu. Oleh karena itu, kewajiban guru tidak hanya mengajarkan ilmu pelajaran mengenai materi saja, tetapi juga tentang budi pekerti yang bisa membentuk anak murid yang memiliki perilaku baik.

Baca: Hari Kartini, Andien Aisyah Pamer Foto Kenangan dengan Baju Adat Papua

WIBI PUTRI. R