5 Tips Keuangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pisahkan THR dan Gaji

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada pertengahan Ramadan, semakin banyak orang yang mempersiapkan perayaan Hari Raya. Di saat mudik sudah dibolehkan, masyarakat pun semakin semangat merencanakan untuk bersilaturahmi kepada keluarga dan sahabat. Tak hanya itu, berbagai hidangan mewah pun ikut dipersiapkan. Tanpa disadari, hal tersebut akan menyerap biaya yang cukup banyak. Agar dapat mengelola anggaran dengan baik, berikut ini adalah beberapa tips keuangan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang bisa Anda lakukan, dikutip dari siaran pers Ternak Uang pada Kamis 14 April 2022.

1. Tentukan anggaran

Tips keuangan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang perlu Anda pahami adalah menentukan anggaran. Anda perlu membuat rincian terkait kebutuhan di Hari Lebaran. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan lebaran, membeli baju anak, angpau untuk keluarga, dan sebagainya. Rincian anggaran akan membantu Anda supaya keuangan tidak menipis usai Lebaran.

2. Pisahkan THR dan gaji

Salah satu yang paling membahagiakan jelang Lebaran adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan Anda tidak kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit. Anda harus tetap mengalokasikan gaji untuk kebutuhan bulanan. Sementara untuk keperluan menjelang Hari Lebaran, Anda bisa menggunakan THR.

3. Persiapkan dana darurat

Selanjutnya, tips keuangan menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah dengan menyiapkan dana darurat. Meski Hari Lebaran singkat, bukan berarti dana darurat tidak diperlukan. Anda harus tetap mempersiapkan dana darurat dalam bentuk tunai untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak terduga.

4. Berbelanja sesuai kebutuhan

Momen Lebaran memang seringkali membuat sebagian orang kalap dalam berbelanja karena berpikir momen tersebut hanya sekali dalam setahun. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah dibuat, kesampingkan barang-barang yang tak dibutuhkan.

5. Belajar keuangan

Tips keuangan menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah lebih banyak belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan keuangan yang salah seperti over budget yang akan membuat Anda kesulitan setelah lebaran. Anda bisa mendapatkan ilmu belajar keuangan di Ternak Uang Academy. Di sana, Anda akan belajar mengatur keuangan dari nol dengan bantuan profesional.

Mengatur keuangan tak berhenti sampai di Hari Lebaran saja. Selanjutnya, Anda harus tetap disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan. Anda juga harus segera melunasi utang jika saat Hari Lebaran Anda menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga harus kembali menabung. Perlu diingat, uang tabungan sebaiknya disisihkan di awal, bukan menunggu sisa pengeluaran.

Baca: Perhatikan 3 Pos Utama Ini Agar Keuangan Aman Jaya di Masa Pandemi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."