7 Pertanyaan Paling Umum Seputar Rosacea

Ilustrasi Rosacea. Wikimedia.org

kesehatan

7 Pertanyaan Paling Umum Seputar Rosacea

Rabu, 13 April 2022 22:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti banyak kondisi kulit, rosacea adalah masalah kulit yang menimbulkan banyak pertanyaan. Seperti, apa itu rosacea, apa penyebabnya? Ada berapa jenis rosacea? Apakah ada kemerahan pada wajah yang merupakan tanda rosacea parah?

Jika Anda ingin mencari tahu lebih mendalam, berikut ini tujuh pertanyaan paling umum yang kerap ditanyakan kepada dokter, menurut dokter kulit kosmetik berbasis di New York, Michele Green, MD. Jangan lewatkan uraian di bawah ini guna mencegah kesalahpahaman tentang rosacea dan bagaimana mengelola kondisi kulit yang meradang.

7 Pertanyaan Paling Umum Seputar Rosacea

1. Apa itu rosacea?

Rosacea adalah kondisi kulit kronis umum yang biasanya berkembang antara usia 30 dan 50 tahun, kata Dr. Green. “Rosacea dianggap sebagai bentuk jerawat dewasa yang ditandai dengan munculnya jerawat, kemerahan pada wajah, pembilasan, dan pembuluh darah wajah yang menonjol, jelasnya, mencatat bahwa jerawat biasanya muncul di pipi, hidung, dahi, dagu, dan dada.

Menurut American Academy of Dermatology, rosacea dialami sebanyak 14 juta orang Amerika. Jika Anda mengalaminya, maka ketahuilah Anda tidak sendirian.

2. Apakah rosacea termasuk jenis jerawat?

Rosacea kerap dianggap sebagai bentuk jerawat dewasa, tapi Dr. Green dengan jelas menunjukkan bahwa ada perbedaan besar antara acne vulgaris dan acne rosacea.

"Jerawat vulgaris, biasa disebut sebagai jerawat, terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang mengakibatkan peradangan," katanya, menunjukkan bahwa penyebab jerawat mungkin termasuk genetik, fungsi hormonal, dan pertumbuhan bakteri.

Sementara jerawat rosacea atau biasa disebut rosacea, ditandai dengan kemerahan, papula, pustula, dan pembengkakan.

“Kesalahpahaman umum dengan rosacea adalah bahwa rosacea adalah bentuk jerawat parah [vulgaris],” jelas Dr. Green. “Penting untuk dicatat bahwa jerawat [vulgaris] dan rosacea adalah kondisi kulit yang sama sekali berbeda yang memerlukan perawatan berbeda. Rosacea biasanya merupakan kondisi seumur hidup yang terjadi selama usia paruh baya. Jerawat [vulgaris] biasanya merupakan kondisi kulit sementara yang dimulai selama masa pubertas.”

Perbedaan lainnya, jerawat vulgaris dapat terjadi di mana saja, sementara rosacea biasanya terjadi di bagian tengah wajah dan ditandai dengan kemerahan, kapiler pecah, dan pembuluh darah laba-laba, kata Dr. Green menambahkan.