Curhat Maudy Ayunda jadi Jubir Presidensi G20: Pelajari Topiknya Lebih Dalam

Maudy Ayunda. Foto: Instagram/@maudyayunda

profil

Curhat Maudy Ayunda jadi Jubir Presidensi G20: Pelajari Topiknya Lebih Dalam

Jumat, 8 April 2022 10:04 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan penyanyi, Maudy Ayunda baru-baru ini ditunjuk menjadi juru bicara (jubir) pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia. Dipercaya mengemban amanah tersebut, Maudy tak perlu waktu lama untuk menerimanya.

"Pertimbangannya nggak lama, langsung oke. Apa yang bisa aku lakukan untuk berkontribusi, akan aku lakukan kalau dampaknya positif, apalagi untuk Indonesia," kata Maudy saat bertemu media di Kompleks Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis, 7 April 2022.

Maudy Ayunda ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia oleh Kementerian Komunikasi, selaku penanggung jawab bidang komunikasi dan media Presidensi G20 Indonesia. Sebagai juru bicara, ia bertugas menyampaikan informasi penting terkait forum internasional tersebut agar bisa dipahami anak muda.

Di balik kegembiraannya menjadi perwakilan anak muda untuk forum penting internasional ini, Maudy harus banyak mempelajari isu G20 yang terkesan rumit, lalu mencari formula agar apa yang dia sampaikan bisa dipahami audiens generasi milenial dan Z.

"Aku harus mempelajari lebih dalam topik, isu prioritas yang didiskusikan. Aku menerima (informasi), mempelajari kemudian menyampaikan kembali," ujar bintang film Perahu Kertas itu.

Walaupun terkesan berat, ia justru menyebut tantangan ini sebagai hal yang menarik lantaran ini sesuai dengan kesukaannya, yaitu belajar dan membaca.

"Aku gemar membaca dan belajar, jadi, ini tantangan yang menarik," tutur Maudy.

Banyak sekali substansi Presidensi G20 Indonesia yang harus dia pelajari terkait jabatannya sebagai juru bicara. Tapi, dia yakin bisa mengemban tugas ini karena memiliki latar belakang yang memadai, yaitu lulusan ilmu pendidikan.

Artis Maudy Ayunda memberikan keterangan usai ditunjuk menjadi juru bicara pemerintah untuk presidensi G20 Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 31 Maret 2022. Sumber: youtube Sekretariat Presiden

Maudy Ayunda meraih gelar master dari Stanford University dalam bidang administrasi bisnis dan pendidikan. Sebelum mengiyakan menjadi juru bicara, ia juga banyak bertanya tentang tugas-tugasnya untuk memastikan keahliannya tepat dengan jabatan tersebut.

"Ketika dijelaskan (tugasnya) menyampaikan informasi ke generasi milenial dan Z, saya ingin mengusahakannya. Dengan latar belakang saya di bidang pendidikan, saya dapat kesempatan untuk berkontribusi dan kembali ke Indonesia," kata Maudy.

Presidensi G20 Indonesia masih berlangsung hingga November nanti. Oleh karena itu, Maudy menyebut persiapannya sebagai juru bicara akan terus berjalan. Dia harus selalu mempelajari informasi terkini tentang forum tersebut.

Persoalan menyampaikan informasi, Maudy berencana menggunakan akun media sosial miliknya supaya bisa berinteraksi langsung dengan anak-anak muda Indonesia

"Mudah-mudahan aku bisa komunikasikan dengan baik supaya teman-teman bisa mengerti dan tertarik secara personal dengan Presidensi G20 Indonesia," jelas Maudy.

Dengan tugas barunya ini, Maudy Ayunda mengaku mendapat banyak sekali pertanyaan bagaimana dengan aktivitasnya di dunia hiburan, yang sudah membesarkan namanya.  Ia mengaku akan tetap jalani kegiatan sebelumnya dan amanah baru ini. "Kita, sebagai perempuan bisa menjadi berbagai peran," tandasnya.

Baca juga: Alasan Maudy Ayunda Jadi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia