Cara Menyimpan Bawang Bombay agar Tidak Cepat Busuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bawang bombay. shutterstock.com

Ilustrasi bawang bombay. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bawang bombay salah satu jenis bawang yang sering digunakan untuk aneka masakan. Mulai dari sup, saus, pugasan burger, dan lainnya. 

Bawang bombay dikenal memiliki aroma yang menyengat, terlebih saat masih mentah ataupun setelah membusuk. Jika Anda tidak tahu cara menyimpan bawang bombay dengan benar, Anda berisiko membuat bawang lebih cepat busuk. Untuk menghindari hal tersebut, simak cara menyimpan bawang bombay yang benar, sehingga Anda dapat menikmati rasa manisnya tanpa bau.

Cara menyimpan bawang bombay utuh

Bawang bombay utuh tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, itu bukan tempat yang baik untuk menyimpannya. Kulkas adalah lingkungan yang dingin dan lembap, yang dapat menyebabkan bawang melunak dan rusak.

Tempat terbaik untuk menyimpan bawang bombay utuh adalah di tempat yang gelap, sejuk, kering, dan berventilasi baik. Keranjang berlubang atau kotak berlubang di lemari dapur akan menjadi lokasi yang ideal untuk menyimpan bawang.

Saat belanja bawang bombay, hindari bawang dengan bintik-bintik lunak. Sebab rasanya tidak akan segar dan tidak akan bertahan lama. Jika belum segera digunakan, lebih baik tidak dikupas dari kulitnya. Sebab kulit tersebut melindungi dan menjaga kesegaran bagian dalamnya.

Cara menyimpan bawang bombay yang dipotong atau dicincang

Anda dapat menyimpan potongan atau irisan bawang bombay ekstra dalam wadah kedap udara atau kantong plastik di dalam kulkas, tetapi pastikan untuk menggunakannya dalam waktu lima hingga tujuh hari. Semakin lama bawang berada di sana, semakin kuat baunya, dan Anda tidak ingin kulkas Anda berbau bawang dan memengaruhi aroma makanan lainnya.

Bolehkah membekukan bawang bombay?

Tidak disarankan membekukan bawang bombay utuh karena akan menjadi sangat keras dan tidak akan mencair dengan baik, tetapi boleh saja membekukan bawang bombay cincang. Masukkan bawang bombay ke dalam kantong plastik kedap udara, pastikan untuk mengeluarkan udara di dalam plastik sebanyak mungkin, lalu tutup rapat, dan masukkan ke dalam freezer.

Atau, jika Anda membeli sekantong besar bawang dan tahu bahwa Anda tidak akan menggunakan semuanya sebelum menjadi busuk, lebih baik potong, simpan dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke freezer. Dengan begitu, potongan bawang bombay itu dapat bertahan selama lebih dari enam bulan.

Baca juga: Jangan Dibuang, Kulit Bawang Bisa Dibuat Teh Hingga Atasi Gatal di Kulit

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."