8 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Simpan di Kulkas, dari Tomat Hingga Alpukat

Ilustrasi peterseli, tomat dan lada. Pixabay.com/Nile

kesehatan

8 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Simpan di Kulkas, dari Tomat Hingga Alpukat

Kamis, 17 Maret 2022 07:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasukkan makanan ke dalam kulkas akan dapat memperpanjang kesegaran dari suatu makanan juga memperlambat pertumbuhan dari bakteri. Namun, ada juga jenis makanan yang yang dimasukan ke dalam kulkas akan menjadi lebih buruk.

Berikut delapan makanan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas yang dilansir lifehacker pada Rabu, 16 Maret 2022.

1. Tomat

Saat memasukan tomat ke dalam kulkas maka itu akan mengurangi aktivitas dari gen tomat. Menurut situs newscientist.com, beberapa dari gen ini akan akan menghasilkan enzim yang akan mensintesis kan bahan kimia yang mudah menguap dan reaksi ini akan membuat tomat terasa lebih manis. Tomat juga mengandung enzim yang bereaksi buruk terhadap suhu dingin yang membuat membran selnya menjadi rusak yang membuatnya menjadi lembek.

2. Kentang

Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

Kentang akan lebih baik disimpan pada lingkungan yang sejuk, kering dan gelap. Kentang ini memiliki banyak pati yang akan berubah menjadi gula jika dalam suhu dingin kulkas juga akan membuat kentang menjadi berwarna lebih gelap dan rasa manis yang aneh. Menurut The Kitchen, hal ini akan berkaitan dengan kanker dalam penelitian yang berbeda. Lalu kelembaban kulkas juga mempengaruhi tekstur seperti berpasir, jadi sebaiknya kentang disimpan di dapur yang dingin

3. Bawang putih dan bawang bombay

Ilustrasi bawang putih. Pixabay.com/Pam de Butler

Bawang putih dan bawang Bombay akan bertahan lebih seminggu jika disimpan dilemari jika sudah dicincang maupun diiris, akan tetapi menyimpang bawang yang belum dikupas akan menyebabkan penyerapan kelembaban lebih cepat dan membuatnya menjadi lembek. Lalu karena suhu dingin kulkas akan mengubah patinya menjadi gula.

Tips untuk menyimpan bawang agar lebih renyah dan beraroma adalah simpan di meja atau di dapur, jauhkan dari cahaya langsung, dan pisahkan dari kentang, alpukat, apel, atau bagian lain dari produk yang mungkin terpengaruh oleh gas etilen, yang akan menyebabkan mereka membusuk lebih cepat.

4. Alpukat

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

Suhu dingin pada kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat karena lebih baik simpan pada suhu kamar sampai benar-benar matang karena selain menghindari proses pematangan juga untuk membuat alpukat memiliki warna hijau dan lembut sempurna.

5. Sambal pedas

Sambal pedas kemasan memiliki tingkat keasaman dan garam yang sangat tinggi, yang berarti bisa bertahan pada suhu kamar selama bertahun-tahun sesuai tanggal kedaluwarsa.

6. Mentega

Agar memiliki tekstur yang tetap lembut sebaiknya mentega jangan disimpan di kulkas karena menurut The Spruce Eats dalam artikel mereka tentang hal ini , mentega sebagian besar mengandung lemak. Ini mengandung sedikit air dan sejumlah kecil protein (3–4 persen), tetapi tidak cukup untuk mendorong pertumbuhan bakteri yang signifikan, terutama jika dikonsumsi dalam waktu seminggu.

Dalam beberapa kasus mentega akan bisa teroksidasi dan berubah menjadi tengik, namun hal itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena itu bisa membuat mentega tetap terasa nikmat. Ketengikan ini disebabkan oleh paparan cahaya, panas dan oksigen, jadi lebih baik simpan mentega jauh dari sumber panas langsung.

7. Madu

Ilustrasi madu. Freepik.com

Madu tidak akan pernah berubah menjadi buruk jika tidak disimpan di kulkas karena memiliki kadar air yang rendah dan pH rendah membuatnya cukup untuk bertahan di suhu ruangan. Faktanya juga madu memang lebih baik disimpan di meja daripada di kulkas, suhu kulkas yang lebih dingin akan menyebabkan madu mengeras dan mengkristal menjadi lumpur yang kental Tips nya simpan madu pada suhu kamar, dalam wadah non-reaktif dan jauhkan dari sinar matahari langsung, dan madu akan bertahan cukup lama.

8. Minyak/Lemak

Minyak murni tidak mendukung pertumbuhan dari mikroba, jadi tidak perlu memasukan nya ke dalam kulkas, hal itu dapat mengambil rasa dan bau dari barang-barang lain di lemari es jika minyak tidak disimpan dalam wadah kedap udara. Bau tengik adalah hal lain yang perlu dikhawatirkan dengan lemak, dengan menjaga minyak goreng dari cahaya langsung dan pada suhu dingin (tidak dingin) dapat mencegahnya.

Baca: Demi Menjaga Kesehatan Paru-paru, Konsumsi Tomat, Paprika Merah, dan Bayam